7 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Rembang

Rekomendasi-Tempat-Wisata-Terpopuler-di-Rembang

Rembang, sebuah kota di pesisir utara Jawa. Kekayaan kuliner dan wisatanya tak perlu diragukan lagi. Walaupun bukan kota besar apalagi ibukota, tetapi ada banyak cara untuk bersenang-senang di sana. Mulai dari wisata bahari sampai kuliner, semuanya ada di sana. Mau mulai menjelajahi kampung halaman Ibu Kartini? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terpopuler di Rembang: Tidak sabar untuk berlibur? Yuk, lanjut baca.

1. Wisata Bahari Dampo Awang Beach

Wisata-Rembang-Wisata-Bahari-Dampo-Awang-Beach
(sumber: instagram.com/orangrembang/)
LokasiRembangan, Tasikagung, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin, Selasa, Jumat: Tutup Rabu, Kamis, Sabtu: 07.00-20.00 WIB Minggu: 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataKolam renang, panggung hiburan, warung, kios, banana boat
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataWeekend, pagi hari

Tidak semua pantai letaknya jauh dari pusat kota. Beberapa pantai begitu mudah dijangkau dari kota, sehingga tidak membuatmu menghabiskan waktu lama dalam perjalanan.

Pantai Dampo Awang sendiri merupakan salah satu lokasi nongkrong favorit anak muda di Rembang. Di pantai ini, ada begitu banyak tempat untuk mengambil swafoto. Misalnya,  seperti di jembatan Zen yang menjorok ke laut, atau di dalam gazebo.

Selain spot selfie, pantai yang satu ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas seperti:

  • Kolam renang tambahan
  • Panggung hiburan (pada event tertentu)
  • Banana boat
  • Warung-warung makan
  • Perahu wisata
  • Kios oleh-oleh

Di dalam Dampo Awang, juga dibangun taman bunga yang indah. Taman ini biasa dijadikan sebagai tempat berfoto atau menikmati angin pantai, sambil menikmati makanan dari warung sekitar.

Dampo Awang adalah tempat wisata yang menyenangkan untuk siapa saja. Baik kepada anak sekolah, muda-mudi hingga pasangan yang baru menikah, Dampo Awang akan menyambut dengan kegembiraan

2. Alun-alun Kota Rembang

Wisata-Rembang-Alun-alun-Kota-Rembang
Alun-alun Rembang
LokasiJl. Jend. Sudirman, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataWarung makanan, lapangan luas, tempat duduk, panggung hiburan (sesuai event)
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataSore dan malam hari

Untuk kamu yang menginginkan keriaan di sore hari hingga malam hari tiap tidak ada tempat lain yang cocok selain alun-alun.

Taman urban ini memberikan suasana yang begitu bersahabat. Banyak pepohonan yang membuat udara menjadi lebih sejuk. Selain itu, bagian tengahnya juga lapang dengan rerumputan yang rapi.

Pada malam hari, suasananya semakin ramai dan asyik. Warung-warung makan mulai buka di sepanjang alun-alun. Begitu beragam menu yang disajikan, mulai dari ayam goreng, pecel lele, sampai dengan ikan-ikanan.

Pada waktu-waktu tertentu , panggung hiburan diselenggarakan di sana. Penampilan dari artis lokal hingga ibukota kerap menyemarakkan malam. Sebelum pandemi COVID-19 berlangsung, setiap tahun baru panggung hiburan pasti akan diselenggarakan di sana.

3. Pantai Karang Jahe

Wisata-Rembang-Pantai-Karang-Jahe
(sumber: instagram.com/yulinrchsnh.__/)
LokasiPunjulharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Selasa, Kamis-Jumat, Minggu: 08.00-15.00 WIB Rabu: 08.00-15.09 WIB Sabtu: 08.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Parkir motor: Rp5.000,00 Parkir mobil: Rp10.000,00 Parkir Elf: Rp15.000,00 Parkir bus sedang: Rp25.000,00 Parkir bus besar: Rp50.000,00
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataATV, warung makan, tempat outbound, kolam renang
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi dan sore hari menjelang matahari terbenam

Mengingat lokasinya di pesisir utara Jawa Tengah, tentu ada begitu banyak pantai indah di Rembang. Salah satunya adalah Pantai Karang Jahe.

Pantai Karang Jahe adalah salah satu dari sepuluh pantai Rembang yang cantik dan sangat populer dikalangan wisatawan. Nah, tahukah kamu apa yang menarik dari Pantai Karang Jahe? Pantai Karang Jahe memiliki keindahan alam yang unik. Karang-karangnya berbentuk seperti jahe.

Karang-karang coklat itu berpadu sempurna dengan lautan yang berwarna kebiruan dan pasir pantai yang berwarna putih. Itulah yang membuat pantai ini terlihat sangat bersih dan instagramable.

Selain keindahan alami, pengunjung juga akan mendapatkan pengalaman menarik melalui beberapa fasilitas yang disediakan. Penasaran inilah hal-hal yang bisa kamu nikmati selama berkunjung ke Pantai Karang Jahe? Ini dia:

  • ATV.
  • Kolam renang bola.
  • Pelampung.
  • Outbound.
  • Tempat makan.

Pantai Karang Jahe cantik, mudah untuk dijangkau, dan juga memberikan banyak fasilitas menarik untuk wisatawan. Belum ke Rembang kalau belum ke Karang Jahe. Jadi, kapan mau ke sini?

4. Kawasan Konservasi Hutan Mangrove “Jembatan Merah”

Wisata-Rembang-Kawasan-Konservasi-Hutan-Mangrove-Jembatan-Merah
(sumber: instagram.com/oktafiana95)
LokasiSawah, Pasarbanggi, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.30 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataTempat duduk, gazebo dekat sungai, spot selfie jembatan merah
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi dan siang hari

 

Ada kedamaian yang terasa saat menyusuri kawasan konservasi hutan mangrove Jembatan Merah. Tempat yang merupakan salah satu landmark kota Rembang ini memang sangat asri. Hamparan bakaunya menciptakan kesan yang teduh dan rindang.

Spot favorit para wisatawan saat pergi ke sana adalah jembatan merahnya. Jembatan dari kayu berwarna kemerahan yang dihiasi rindangnya bakau menciptakan kesan foto yang estetik dan sakral. Apalagi, ketika sinar matahari perlahan masuk dari sela-sela bakau. Betapa cantiknya pemandangan ini.

Kawasan konservasi ini memang cukup sunyi dan tidak menawarkan banyak wahana rekreasional. Namun, jika yang kamu cari adalah kedamaian dan foto-foto cantik, maka, inilah tempatnya.

5. Pulau Gede

Wisata-Rembang-Pulau-Gede
(sumber: instagram.com/reginahardani)
LokasiPulau Gede, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Menyeberang dengan kapal: Rp250.000,00
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataPemandangan alam, berkemah
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataSaat tidak sedang musim hujan

Pulau yang tidak berpenghuni ini memang sedang hits di kalangan anak muda. Jaraknya sendiri hanya sekitar 5 km dari bibir pantai Desa Wates. Yang disukai anak-anak muda dari pulau ini adalah pulaunya yang bersih, pemandangan yang cerah, dan pasir pantai putih.

Pulau ini dapat ditempuh dari Desa Wates dengan menyewa kapal. Harga untuk menyeberang ke Pulau Gede adalah sekitar Rp250.000,00. Untuk kamu yang mau menyewa kapal sekaligus berkemah, kamu dapat membayar sekitar Rp450.000,00.

Dari pulau ini, kamu bisa melihat Gunung Lasem di bagian timur dan Gunung Muria di bagian barat. Pemandangan cantik dan udara sejuk membuat tempat ini cocok sebagai pelepas stres. Datanglah berkemah bersama teman-teman atau keluarga dan rasakan nyamannya kembali ke pelukan alam.

6. Waduk Panohan

Wisata-Rembang-Waduk-Panohan
(sumber: instagram.com/tian_23s/)
LokasiPulau Gede, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15,000.00
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataPerbukitan
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataSore hari

Waduk Panohan lebih dari sekadar cadangan air. Dikelilingi oleh perbukitan, suasana waduk begitu cantik dan asri. Bukit-bukit di sekitar waduk adalah latar belakang foto yang cantik. Seolah-olah, kamu tengah berada di sebuah wisata danau yang alami.

Di sana, para pengunjung biasanya suka duduk-duduk sembari menikmati suasana yang tenang dan pemandangan yang cantik. Sayang memang, karena potensi waduk ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Belum ada warung makan dengan konsep lesehan yang biasanya dapat dibangun di area wisata waduk. Barangkali, dalam beberapa tahun ke depan, pemerintah akan semakin memperhatikan pembangunan Waduk Panohan sebagai salah satu destinasi wisata

7. Gunung Lasem

Wisata-Rembang---Gunung-Lasem
(sumber: instagram.com/rendrabudis94/)
LokasiArea Sawah/Kebun, Rakitan, Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataMemandang laut, kota, dan gunung dari puncak Argopuro, berkemah
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataSaat sunrise dan sunset

Belum jadi anak alam kalau belum ke Gunung Lasem!

Memiliki ketinggian 806 dpl, gunung ini membentang dari Rembang sampai ke pesisir pantai utara. Puncaknya adalah Argopuro, yang menjadi tujuan bagi para pendaki.

Rute pendakian yang biasa dilalui para wisatawan adalah rute Desa Nyode, Desa Gowak, atau Desa Kajar. Untuk pendaki pemula, gunung ini ideal, karena medannya tidak terlalu berat. Namun, kendati tidak terlalu tinggi, di Argopuro kamu dapat memandang laut Jawa, kota Lasem, dan Gunung Muria. Pemandangan ini begitu lengkap, sempurna, dan cantik.

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat yang nyaman sebelum mendaki gunung yang satu ini. Selain itu, pastikan kamu membawa semua peralatan lengkap dan jangan terpisah dari rombongan.

Walau bukan kota yang besar, nyatanya ada banyak cerita menarik yang dapat kamu temukan di Rembang. Mulai dari pantai, wisata perkotaan, sampai gunung, semua ada di kota ini. Kabar baiknya, Rembang juga menghadirkan banyak sajian yang unik dan khas. Sehingga, apa pun jenis wisata yang kamu suka, semua bisa kamu temukan di Kabupaten Rembang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *