Tips Investasi

Investasi menjadi salah satu hal yang sedang populer saat ini.  Kesadaran pentingnya investasi makin meningkat. Bagi yang masih awal bahkan yang sudah profesional, memilih investasi yang tepat  perlu pertimbangan yang matang.

Agar kamu tahu tips-tips investasi, kamu bisa belajar kepada orang yang sudah terlebih dahulu terjun ke investasi. Sebaiknya jangan langsung tergiur dengan keuntungan yang besar. Pertimbangkan faktor yang lain agar investasi kamu tepat.

Tips Investasi dengan Instrumen yang Tepat

Berikut kami bagikan beberapa faktor yang bisa membantu kamu untuk mempertimbangkan jenis investasi yang sesuai. Yuk disimak!

1. Tentukan Tujuan Investasi

Tujuan investasi adalah hal dasar yang harus kamu putuskan paling awal. Buat planning dan putuskan tujuan kamu berinvestasi. Bila kamu hanya ingin mendapatkan banyak keuntungan, maka kemungkinan besar jenis investasi kamu belum tentu sesuai.

Kamu perlu memahami tujuan investasi dan perkiraan jangka waktu yang dibutuhkan untuk memudahkan dalam menentukan jenis investasi yang akan kamu pilih.

Bila kamu ingin melakukan investasi jangka pendek (1-2 tahun), sebaiknya memilih deposito berjangka, reksa dana pasar uang dan logam mulia.

Sedangkan bila kamu ingin berinvestasi jangka panjang (kurun waktu 5 tahun lebih) sebagian besar akan menyarankan memilih saham,reksa dana dan properti.

2. Perhatikan Profil Risiko

Setelah menentukan tujuan investasi dan jangka waktunya, saatnya kamu memahami dan memerhatikan profil resiko dari investasi tersebut. Tiap investasi memiliki resiko yang berbeda-beda mulai dari paling ringan hingga risiko yang paling berat.

Tiap orang memiliki karakter masing-masing ada yang  memiliki tingat kesabaran yang tinggi ada pula yang mudah cemas atau terkadang kurang sedikit sabar. Orang yang sabar biasanya tidak menyikapai fluktuasi pasar dengan berlebihan. Namun, sebagian orang yang mudah cemas ketika mendengar hal itu.

Profil risiko tinggi lebih cocok untuk orang dengan tipe pertama (kesabaran yang tinggi), sedangkan kalau kamu mudah cemas, maka cocok ke risiko rendah hingga sedang.

3. Mulai Dari Investasi Kecil

Sambil praktik dari hasil belajar, kamu bisa mulai investasi dari dengan modal sedikit. Jangan langsung tergiur untuk investasi besar apalagi untuk kamu yang masih pemula.

Pahami step-stepnya, nanti kalau sudah makin yakin dan percaya diri kamu bisa tambah modal investasi kamu.

4. Pertimbangkan Kemampuan Mengelola Keuangan

Investasi cocok untuk siapapun, tidak hanya untuk orang yang kaya. Asalkan kamu mempunyai kemampuan manajemen keuangan.

Misalkan gaji kamu masih UMR atau dibawahnya, tetapi rajin menabung dan tidak ada tanggungan lain kamu juga bisa investasi. Melalui pengelolaan modal yang baik, tujuan investasi kamu dapat tercapai.

5. Investasi Bervariasi

Sudah paham jenis investasi,  memiliki tujuan investasi dan mampu mengatur keuangan selanjutnya kamu melakukan variasi investasi.

Tetapi yan perlu diingat, resiko yang kamu pegang juga makin besar. Salah satu tips investasi  yang variatif, kamu bisa mencoba memilih risiko antara yang rendah dengan tinggi.

Baca juga: mau tenang di hari tua? simak mengenai cara mempersiapkan dana pensiun dengan tepat.

Cukup sekian artikel kami terkait panduan memilih investasi paling tepat semoga membantu kamu dalam memilih investasi yang paling sesuai dengan kondisi keuangan dan rencana jangka panjang yang kamu susun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *