Tips Budidaya Ikan Hias

Ikan hias menjadi salah satu jenis ikan yang digemari banyak orang karena keanekaragaman jenis dan rupanya yang indah dipandang mata.

Untuk harganya juga sangat bervariasi, tergantung dengan jenis dan popularitas ikan tersebut.

Sehingga, budidaya ikan hias bisa menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan di zaman seperti sekarang ini.

Meski begitu, untuk seorang pemula tentu saja masih bingung dan merasa sulit untuk memulai bisnis budidaya ikan hias. Jika Anda salah satunya, simak tipsnya berikut ini.

Tips Budidaya Ikan Hias yang Mudah Bagi Pemula

Pilih Jenis Ikan Hias yang Mudah Dirawat

Salah satu tantangan budidaya ikan hias adalah saat proses perawatan, jadi pilihlah jenis ikan hias yang mudah merawatnya. Beberapa ikan hias yang cocok untuk newbie seperti neon tetra, mas koki dan cupang.

Jenis ikan tersebut lebih tahan dengan perubahan kualitas air, namun pastikan juga bahwa Anda membeli dari petani yang terpercaya dan perhatikan bahwa bibit yang dipilih sehat serta bebas dari penyakit dan cacak.

Kenali Kebutuhan Ikan Hias

Setiap jenis ikan memiliki kebutuhan yang berbeda, maka kenalilah kebutuhan dari ikan hias yang Anda budidayakan. Seperti intensitas penggantian air apakah cukup dua minggu sekali atau lebih dan berapa suhu air yang paling pas untuk ikan Anda.

Gunakan Aquarium dan Peralatan Berkualitas

Untuk memulai bisnis budidaya ikan hias, tentu saja Anda harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu seperti filter air, aerator, penghangat air dan juga lampu akuarium. Jangan lupa untuk memilih semua peralatan yang berkualitas guna memastikan ikan tumbuh dengan maksimal.

Lakukan Perawatan Rutin

Meskipun sudah menggunakan filter air, namun Anda juga perlu melakukan pergantian air dalam beberapa waktu, misalnya dua minggu sekali. Selain itu, lakukan juga pengamatan apakah ikan tumbuh dengan baik atau ada hal semacam pengganggu lain.

Pilih Makanan Alami

Terdapat beberapa jenis pakan yang bisa Anda pilih, seperti cair, tepung atau pakan alami seperti cacing atau pellet. Maka pilihkan pakan ikan dengan bahan alami untuk membantu menjaga kualitas air tetap bersih dan ikan tumbuh maksimal.

Selain menerapkan semua tips budidaya ikan hias di atas, jangan lupa untuk memberikan waktu bibit ikan beradaptasi dengan suhu air.

Baca juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing T Termudah.

Caranya dengan memasukkan plastik berisi ikan ke dalam air dan baru melepaskannya setelah plastik mengembun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.