Perbedaan HDD dan SDD

Dunia elektronik selalu memberikan inovasi baru yang lebih modern dan canggih. Salah satunya pada komputer atau laptop yang  kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Komputer atau laptop membutuhkan media penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan data penting. Sehingga muncul media penyimpanan baru berbasis Solid State Drive atau SSD.

Selain SSD, terdapat media penyimpanan HDD yang masih digunakan hingga saat ini. Perbedaan HDD dan SSD dapat dilihat dari beberapa hal, terutama performanya dalam menunjang perangkat.

Perbedaan HDD dan SSD

HDD dan SSD merupakan media penyimpanan data yang terdiri dari beberapa chip memori. Chip tersebut saling terintegrasi dan tersusun untuk memberikan fungsi yang maksimal.

SSD mampu menyimpan data dengan aman dan terjamin karena sudah berbasis sirkuit. Kecepatannya lebih tinggi tanpa adanya lapisan magnetik.

Namun, masih banyak perangkat yang menggunakan HDD sebagai media penyimpanan data. Karena memang SSD menjadi perkembangan baru untuk menunjang kinerja komputer atau laptop.

1. Cara Kerja

Perbedaan yang paling mendasar adalah cara kerja HDD dan SSD. Pada HDD memanfaatkan kombinasi antara sistem elektrik dan mekanik untuk menunjang performa.

Cara kerja HDD ini sama dengan Disket atau FloppyDisk karena masih memanfaatkan dua sistem yang berbeda.

Sedangkan pada SSD sudah mengarah ke sistem full elektrik. Sehingga tidak membutuhkan part yang bergerak saat pembacaan data.

Cara kerja SSD sama dengan RAM, USB atau flashdisk, dan MicroSD. Proses transfer data dilakukan dengan kecepatan tinggi.

2. Kecepatan Baca dan Tulis Data

HDD mempunyai kecepatan yang lebih rendah dibandingkan SSD. Hal itu karena SSD sudah dilengkapi teknologi canggih dan terbaru.

Sehingga kecepatan transfer data dari SSD dapat diandalkan. Perbandingan kecepatan tersebut hingga 8 kali lipat dari kecepatan HDD.

Dengan kecepatan transfer yang lebih unggul tersebut, banyak pengguna yang beralih ke SSD. Meskipun harus mengeluarkan budget yang lebih besar.

3. Bentuk dan Ukuran

Perbedaan HDD dan SSD jika dilihat dari bentuk dan ukuranya cukup berbeda. HDD mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan SSD.

SSD mempunyai dimensi yang lebih kecil dan ringan. Sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.

Dengan ukuran yang kecil tersebut, SSD mempunyai performa yang tinggi. Sehingga dapat mengakomodir semua kebutuhan kamu.

4. Segi Komponen

Pada segi komponennya, HDD terdiri dari piringan cakram yang berputar saat digunakan. Serta dilengkapi dengan motor penggerak.

Pada SSD hanya terdiri dari Micro Chip dan Integrated Circuit. Serta terdapat komponen elektronik sebagai penyimpan tegangan dan arus yang dikenal dengan kapasitor.

5. Segi Fragmentasi

Saat media penyimpanan kosong karena adanya penghapusan data, kondisi tersebut dikenal dengan fragmentasi.

Seiring berjalannya waktu, data dalam HDD akan berantakan karena adanya perubahan. Meski pada awalnya data tersebut disusun dengan rapi dan berurutan.

Namun, kondisi tersebut tidak berlaku pada penyimpanan SSD. Hal tersebut karena SSD dilengkapi dengan teknologi canggih yaitu Chip Flash.

Data yang tersimpan dalam SSD akan masuk ke Chip Flash dan disimpan dengan aman. Sehingga data tetap rapi sesuai dengan susunan awalnya.

6. Harga

Harga SSD relatif lebih mahal dibandingkan HDD karena sudah dilengkapi dengan teknologi baru yang lebih canggih.

Perbedaan HDD dan SSD dari segi harga ini sangat jauh. Contohnya untuk SSD dengan kapasitas 250GB, harganya akan sama dengan HDD dengan kapasitas 1TB.

7. Efek Eksternal

HDD dan SSD menggunakan teknologi yang berbeda, sehingga memberikan efek eksternal yang berbeda pula.

Pada umumnya, HDD akan menimbulkan suara berisik karena komponen mekaniknya. Namun, tidak ada suara pada SSD.

Selain perbedaan HDD dan SSD yang sudah dijelaskan di atas, jika dilihat dari fungsinya memiliki persamaan pada memori penyimpanan yang terlihat sama.

Meski begitu performa keduanya tentu sangat berbeda. Terutama dari kehandalannya dalam menyimpan data maupun file.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *