Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian-Komunikasi-Bisnis

Secara garis besar, pengertian komunikasi bisnis merupakan suatu aktivitas pertukaran informasi, pendapat, gagasan serta intruksi yang disampaikan secara personal atau impersonal agar mampu dipahami oleh semua pihak.

Biasanya, komunikasi yang dilakuan dapat terjadi oleh adanya simbol-simbol atau sinyal tertentu yang menghubungkan kepada semua pihak untuk bisa dipahami bersama.

Definisi komunikasi bisnis dapat terbagi menjadi dua bagian, yaitu pengertian secara umum dan pengertian menurut para ahli.

Pengertian Komunikasi Bisnis Secara Umum

Secara umum, komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang dilakukan dalam dunia bisnis dengan mencakup berbagai bentuk komunikasi, baik itu secara verbal maupun nonverbal.

Sistem komunikasi yang dilakukan disesuaikan dengan bentuk bisnis yang berjalan serta demi kenyamanan semua orang yang ada dalam lingkup bisnis tersebut.

Selain itu, komunikasi bisnis dapat diartikan pula sebagai proses pertukaran pesan atau informasi untuk bisa mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur serta sistem organisasi itu sendiri. Sehingga, ini sangat penting.

Dalam suatu komunikasi bisnis, pesan yang disampaikan bukan hanya berisi seputar informatif saja, melainkan harus bersifat persuasif, agar pihak yang menerima atau sedang berkomunikasi dengan pemilik bisnis tertentu dapat menerima suatu keyakinan atau kegiatan yang sedang dikerjakan oleh bisnis itu sendiri.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

1. Philip Kolter

Philip Kolter menjelaskan bahwa komunikasi bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manusia untuk memuaskan kebutuhan serta keinginan yang mereka miliki, melalui proses pertukaran informasi dan sejenisnya.

2.  William Albig

Definisi komunikasi bisnis menurut William Albig adalah suatu pertukaran informasi, gagasan, serta intruksi secara personal maupun impersonal dari lambang atau sinyal yang sudah disediakan sebelumnya.

Komunikasi bisnis jenis ini sudah hampir dimiliki oleh semua perusahaan, baik secara digital maupun nondigital.

3. Djoko Purwanto

Djoko Purwanto menjelaskan bahwa komunikasi bisnis merupakan komunikasi atau percakapan yang dilakukan dalam dunia bisnis yang terdiri dari berbagai bentuk komunikasi, seperti komunikasi verbal maupun non verbal yang dilakukan demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Adanya komunikasi bisnis dapat membantu para pelaku usaha dan perusahaan agar bisa memasarkan produk dan jasa dengan baik, serta membuatnya semakin dikenal oleh para produsen yang sedang membutuhkan.

Jadi, kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan masing-masing dari komunikasi bisnis yang baik dan benar sesuai dengan aturan.

4. Rosenbalt

Komunikasi bisnis menurut Rosenbalt merupakan suatu tindakan pertukaran informasi, baik itu ide atau opini, intruksi dan masih banyak lagi.

Biasanya komunikasi bisnis tersebut disampaikan secara personal atau non personal dengan menggunakan lambang atau sinyal tertentu untuk mencapai target perusahaan yang dimiliki.

5. Katz

Sedangkan Katz mendefinisikan komunikasi bisnis dengan aktivitas pertukaran ide, pesan serta konsep yang masih memiliki hubungan terkait pencapaian sejumlah target komersil.

Sehingga, komunikasi bisnis sangat diperlukan dalam suatu perusahaan di semua bidang yang ada dalam dunia bisnis.

Tanpa adanya komunikasi bisnis, maka bisnis yang diciptakan sulit untuk dikembangkan dengan terstruktur atau tidak sesuai dengan rencana di awal.

Oleh karena itu, komunikasi bisnis sangat penting untuk dikuasai, baik oleh pemilik bisnis maupun produsen yang hadir dalam suatu bisnis yang disukainya.

Itulah beberapa pengertian komunikasi bisnis yang dapat Anda ketahui secara umum dan menurut para ahli.

Kini, dapat disimpulkan bahwa komunikasi dalam dunia bisnis merupakan suatu aktivitas pertukaran informasi, pesan atau sejenisnya dengan menggunakan lambang atau sinyal yang sudah ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *