Pengertian Bahasa Indonesia

Pengertian-Bahasa-Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa kebanggaan semua warga negara di tanah air tercinta Republik Indonesia.

Pengertian bahasa Indonesia sendiri sangatlah menarik apabila diulas lebih secara mendalam. Hal ini karena bahasa Indonesia memiliki berbagai macam fakta yang menarik.

Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia kita semua harus bangga dan bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan mengajak Anda semua untuk mengenal lebih dekat mengenai bahasa Indonesia. Yuk disimak penjelasan berikut ini yang telah kami dapatkan dari Cryptowi.com.

Pengertian Bahasa Indonesia Secara Umum

Jika Anda membaca dalam buku filsafat Indonesia, Anda akan menemukan beberapa pengertian dari bahasa Indonesia yang banyak di artikan oleh beberapa ahli.

Pengertian bahasa Indonesia secara  umum adalah sistem atau lambang bunyi ujaran yang digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh masyarakat Indonesia.

Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa untuk pemersatu bangsa Indonesia. Hal ini sudah disebutkan dalam ikrar  sumpah pemuda dimana menyatakan jika bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Pengertian Bahasa Indonesia Menurut Para Ahli

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika bahasa Indonesia tidak hanya mengandung satu definisi  saja.

Ada beberapa pengertian bahasa menurut para ahli. Bagaimana pendapat mereka? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Gorys Keraf (1997),

Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi antara anggota masyarakat yang berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

2. Felicia (2001)

Bahasa menjadi alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari baik dalam bentuk lisan maupun maupun bentuk tertulis

3. Sunaryo (2000)

Bahasa Indonesia dalam struktur budaya ternyata mempunyai kedudukan dan peranan ganda.

Bahasa ini bisa dijadikan sebagai akar serta produk budaya yang sekaligus mempunyai peranan sebagai sarana untuk berfikir dan saran pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi.

4. Owen

Owen menyatakan bahwa bahasa bisa didefinisikan sebagai bentuk kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional yang digunakan untuk menyampaikan konsep dengan melalui simbol-simbol yang dikehendaki serta menggunakan kombinasi simbol yang sudah diatur oleh ketentuan.

5. Tarigan (1989)

Bahasa merupakan sebuah yayasan sistem yang sistematis barang kali juga bisa mengandung sistem yang generatif.

6. Santoso (1990)

Bahasa merupakan sebuah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar. Bisa dijadikan sebagai alat komunikasi antar bangsa.

7. Mackey (1986)

Menurut Mackey, bahasa menjadi salah satu bentuk serta bukan suatu keadaan ataupun sistem lambang arbiter. Akan tetapi bahasa adalah sebuah sistem tatanan dalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nah, itulah tadi beberapa pengertian bahasa Indonesia secara umum dan menurut para ahli. Semoga penjelasan tersebut bisa menambah wawasan kita. Selain itu, bisa membuat kita semua cinta terhadap tanah air. Kita juga harus bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *