Pantai Buyutan di Pacitan yang Instragamable

Pantai-Buyutan-Pacitan

Pacitan merupakan kota yang memiliki banyak destinasi wisata, salah satu wisata yang terkenal yaitu Pantai Klayar. Selain pantai Klayar, ada satu pantai lain yang terkenal karena pasir berwarna putihnya mampu menyihir para pecinta pantai, apalagi jika bukan Pantai Buyutan.

Keistimewaan Objek Wisata Pantai Buyutan

Pantai Buyutan sangat cocok dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga dan teman. Berlibur ke pantai mampu membuat otak lebih segar karena deburan ombak dapat menjadi musik meditasi diri. Berikut ulasan lengkap mengenai Pantai Buyutan yang kami kutip dari pantainesia.com, khusus kami rangkum untuk Anda:

1.   Berpasir Putih

Pantai yang ada di daerah Pacitan memiliki ciri khas yang berbeda dengan kebanyakan pantai di daerah lain. Pantai Buyutan memiliki pasir putih yang cantik ditambah dengan batu karangnya yang menurut penduduk sekitar mirip dengan mahkota Dewa Naraya.

2.   Penginapan Harga Bersahabat

Banyak penginapan di sekitar pantai, jadi bagi Anda yang ingin berlama-lama di pantai tidak perlu khawatir. Jika lebih suka berkemah, Pantai Buyutan juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda karena terdapat area khusus kemah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai.

3.   Layanan Bakaran

Tempat yang tidak jauh dari pantai membuat deburan ombak terdengar merdu di malam hari, ditambah ketika cuaca sedang cerah bintang-bintang di langit akan terlihat jelas. Selain itu, tersedia berbagai makanan dan perapian api unggun.

4.   Pantai Alami dan Asri

Pantai Buyutan ditempati oleh beberapa kawanan monyet yang menganggap bahwa pantai ini merupakan habitatnya. Adanya monyet-monyet menjadi tanda bahwa Pantai Buyutan merupakan pantai yang masih alami.

Keistimewaan lainnya yaitu adanya sumber air tawar di dekat pantai yang berasal dari pegunungan sekitar. Para pengunjung bisa dengan mudah menjangkau kawasan sumber air tawar tersebut.

Ombaknya cukup besar dengan karang yang tajam di sekitaran pantai. Oleh karena itu, pengunjung perlu hati-hati dan lebih baik tidak berenang di pinggiran. Coba saja wahana lain yaitu snorkling atau spot diving untuk melihat karang-karang yang cantik di dalam lautan.

Lokasi Tempat Wisata Pantai Buyutan

Lokasinya terletak di Widoro, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, di mana pantainya masih sangat asri dan letaknya di antara persawahan. Disarankan untuk datang pada sore saat matahari terbenam atau pagi saat matahari mulai naik. Pasalnya, pada saat itu kawasan pantai sedang cantik-cantiknya.

Persiapkan diri karena untuk sampai di tempat ini harus berpacu dengan kondisi jalan yang berliku, naik turun bukit dan curam. Ada dua jalur untuk bisa sampai ke lokasi, yaitu:

  • Dari Pacitan menuju ke Masjid Besar Punung, setelah melihat pertigaan ambil arah kiri. Jalan lurus di pertigaan berikutnya ambil kanan dan lurus ke arah lokasi Goa Gong, kemudian lurus ke arah pasar Kalak dan belok kiri setelah melewati pasar.
  • Lurus ke Desa Widoro sampai melihat papan petunjuk ke arah Pantai Buyutan, dari desa ini bersiap untuk melihat keindahan alam persawahan yang luas. 

Lebih bagus jika datang pada saat musim panen tiba karena padi yang menguning terlihat bak lukisan alam yang indah.

Ditambah semilir angin yang akan menemani sepanjang jalan menuju pantai, membuat tubuh kembali bugar dan otak kembali segar. Tempat ternyaman untuk bersantai dan memanjakan diri dari lelahnya bekerja dan beraktifitas.

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan

Sebenarnya, untuk harga tiket masuk agar dapat memasuki kawasan Pantai Buyutan tersebut gratis dengan jam operasional yang dibuka selama 24 jam non stop. Hanya saja, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp10 ribu untuk mobil dan Rp5 ribu bagi pengguna kendaraan bermotor.

Bagi para wisatawan yang ingin mendirikan tenda atau camping, bisa langsung melapor kepada petugas dan membayar uang sebesar Rp15 ribu saja. Biaya tersebut sebagai sewa tempat untuk mendirikan tenda sehari semalam.

Pastikan Anda jangan lupa untuk membawa barang yang dapat berguna saat berlibur sambil menikmati pesona Pantai Buyutan. Contohnya kamera atau barang lainya yang dapat membuat Anda lebih puas dengan masa liburan Anda di Pantai Buyutan.

Pesona Pantai Buyutan tentunya tidak hanya didukung pemandangan yang memuaskan saja. Tetapi juga dilengkapi dengan berbagai tempat lainnya, seperti fasilitas kamar mandi, tempat parkir, tempat berteduh atau bersantai bersama keluarga, dan lain-lain.

Tidak hanya Pantai Klayar saja, ternyata Pacitan menyimpan surga tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Dengan semua keindahan dan fasilitas yang diberikan, pantai ini sangat recomended dijadikan sebagai tempat berlibur di Pacitan.

Untuk mengetahui informasi wisata pantai di Indonesia lainnya, silahkan simak t

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *