Motor 2 Tak Honda

Motor 2 Tak Honda

Berbicara mengenai motor 2 tak era 1990an di Indonesia, ingatan langsung tertuju pada nama-nama besar dalam dunia otomotif Indonesia seperti Suzuki, Yamaha dan Kawasaki. Ketiga memang dikenal sebagai produsen motor 2 tak, baik tipe bebek maupun sport.

Di lain sisi, Honda lebih dikenal dengan produk motor 4 tak mereka. Sehingga, sebagian orang mungkin tidak mengetahui bahwa Honda sebenarnya memiliki deretan produk motor 2 tak yang hingga kini menjadi incaran kolektor dan pencinta motor 2 tak di Indonesia. 

Apa saja? Berikut 6 Motor 2 Tak Honda yang menjadi incaran pencinta motor 2 tak hingga saat ini.

Honda NSR 150 R

Motor 2 Tak Honda

Motor 2 Tak Honda pertama di Indonesia adalah Honda NSR 150 R, merupakan motor sport full-fairing ini awalnya didatangkan secara Completely Built Up (CBU) dari Thailand pada 1994, sebelumnya akhirnya Honda memindahkan produksinya ke Indonesia setelah semakin banyaknya peminat motor ini. 

Pada masanya, Honda NSR 150 R merupakan motor dengan teknologi tinggi. Selain mengadopsi konsep full fairing yang akan memberikan keuntungan aerodinamis, motor ini sudah mengadopsi rangka full deltabox yang umumnya digunakan pada motor balap Honda. 

Kemudian, mesin 2 tak berkapasitas 150 cc motor ini juga telah dilengkapi dengan sistem pendingin radiator yang belum banyak digunakan pada sepeda motor saat itu. Teknologi RC Valve pada mesin motor ini semakin meningkatkan popularitas motor ini. 

Bagi kamu yang belum tau, RC Valve merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly pada luang buang yang dikontrol oleh CDI, perangkat ini memastikan kamu memiliki tenaga mesin dalam setiap putaran mesin.

Hasilnya, mesin motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 39,5 PS pada 10.500 RPM dan Torsi Maksimum 2,75 kg-m pada 10.000 RPM.

Saat dijual pada 1994, Honda NSR 150 R dijual seharga Rp. 8.000.000 dan merupakan motor termahal di Indonesia saat itu. Sebagai perbandingan motor bebek pada tahun itu dijual dalam rentang harga Rp. 2 juta hingga Rp. 3 jutaan. 

Honda NSR 150 RR Astra

Motor 2 Tak Honda

Dua tahun setelah Honda NSR 150 R mengaspal di Indonesia, di Tahun 2000 Astra Honda Motor kembali mendatangkan motor sport yang merupakan pengembangan dari Honda NSR 150 R, yakni Honda NSR 150 RR Astra.

Ciri utamanya adalah design fairing yang lebih sporty, lebih aerodinamis dan headlamp dan stoplamp yang memiliki bentuk bulat sebanyak dua buah. Pada model terbaru ini, Bentuk jok juga dibuat bertingkat sehingga kelihatan lebih sporty. 

Tidak hanya perubahan pada sisi design, sektor mesin juga mengalami peningkatan. Honda Thailand menaikan rasio kompresi menjadi 6,5:1, yang membuat NSR 150 RR memiliki tenaga maksimal 35 PS di 10.500 RPM dan torsi maksimum 25 Nm di 9.500 RPM. 

Honda NSR 150 SP

Motor 2 Tak Honda

Motor 2 Tak Honda selanjutnya adalah Honda NSR 150 SP yang merupakan varian terakhir dan tertinggi dari Honda NSR Series.

Motor ini mengalami perubahan drastis baik dari sisi design maupun performa mesin. Design fairing Honda NSR 150 SP lebih sporty dan aerodinamis, tak hanya itu design headlamp dan stoplamp motor ini lebih intuitif dari varian sebelumnya. 

Frame dan suspensi juga mengalami perombakan total, sasis twin tube kini lebih besar dan lebih lebar dan suspensi teleskopik kini menggunakan ukuran 35 mm. Sedangkan, suspensi belakang kini menggunakan monoshock dengan swing arm tunggal yang menjadikan motor ini begitu ikonik bagi pencinta motor 2 tak di Indonesia.

Pada seri ini, perubahan yang dilakukan Honda pada sektor mesin, meliputi counter weight crank shaft yang berperan besar dalam meminimalisir getaran pada saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi. Kemudian, rasio kompresi dinaikan hingga 6,8:1, penggunaan dual exhaust port dan peningkatan pada sistem RC Valve yang memberikan peningkatan tenaga secara signifikan. 

Honda NSR 150 SP dapat memberikan tenaga maksimal 39 dk di 10.500 RPM dan torsi maksimum 27 Nm di 10.000 RPM.  

Karena kelebihan-kelebihan tersebut, motor ini menjadi buruan para kolektor dan pencinta otomotif 2 tak di Indonesia hingga saat ini.

Honda Nova R

Motor 2 Tak Honda

Honda Nova R merupakan motor bebek 2 tak pertama di Indonesia, hadir pertengahan tahun 1980an motor ini memiliki tampilan sangat sporty dengan stang jepit khas motor sport dan body yang ramping. 

Untuk sektor mesin, motor ini mengusung mesin 2 tak berkapasitas 110 cc dengan sistem transmisi manual yang cukup powerfull pada masa itu. Selain itu, motor ini telah menggunakan sistem pengereman disc brake pada bagian depan dan belakang. 

Honda Nova Tena

Motor 2 Tak Honda

Honda Nova Tena merupakan varian pengembangan dari Honda Nova R, motor ini dibawa oleh importir umum ke Indonesia pada pertengahan tahun 1990. Honda melakukan perombakan yang berani pada motor 2 tak mereka ini. 

Honda Nova Tena memiliki design yang lebih ramping dan lebih sporty, tampaknya Honda benar-benar memperhitungkan keuntungan aerodinamis pada. motor ini. Honda Tena masih mempertahankan tampilan sporty dengan stang jepit, namun kini menggunakan suspensi belakang monoshock yang menegaskan kesan sporty motor ini. 

Sementara itu, sektor dapur pacu Honda Tena masih menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 110 cc, namun Honda meningkatkan kemampuan mesin hingga mampu menghasilkan tenaga maksimum 11,8 tenaga kuda pada 11.000 rpm. yang dialirkan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Honda Nova Dash

Motor 2 Tak Honda

Honda Nova Dash merupakan versi mutakhir dari Honda Nova Series. Honda melakukan banyak perombakan pada Nova Dash. 

Dari sisi tampilan, Honda memberikan design body yang lebih futuristik dan masih mempertahankan kesan sporty pada motor ini. Hingga saat ini design Honda Nova Dash masih relevan dan modern, bahkan banyak yang menyebut bahwa Nova Dash adalah versi bebek dari Honda NSR 150 SP.

Dari sektor mesin, Honda Nova Dash mengusung mesin 2 tak berkapasitas 125 cc dengan diameter x langkah 58 x 47,2 mm, berkompresi 11:1 dengan tranmisi 6 percepatan. Mesin motor ini mampu memberikan 21,56 tenaga kuda pada 9.000 RPM dan torsi maksimum 18,3 Nm pada 8.000 RPM, mesin motor ini mampu menghasilkan top speed 130 km/jam.

Design yang sporty dan tak lekang oleh waktu, performa mesin yang sangat impresif menjadikan motor ini idola bagi anak-anak muda berduit tebal pada awal 2000an. 

Demikian pembahasan mengenai 6 Motor 2 Tak Honda yang Melegenda di Indonesia, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *