Mengenal Apa itu PDF dan Cara Membukanya di PC

PDF atau Portable Document Format adalah format dokumen yang di dalamnya bisa berupa kumpulan teks, gambar, serta desain grafis. Format file ini kini sudah banyak dikenal karena lebih nyaman ketika dilakukan pengarsipan dibanding MS Office. 

Perbedaan File PDF dengan File Dokumen Lain

Perbedaan mendasar dapat dilihat dari ekstensi pada dokumen, jika dokumen PDF akan berakhiran .pdf sedangkan dokumen teks biasa bisa berupa .doc atau .docx.

Untuk file PDF hanya dapat dibuka menggunakan aplikasi pembuka PDF seperti Foxit Reader, Adobe Reader, dan lain sebagainya. Sedangkan file dokumen bisa dibuka menggunakan software editing teks seperti MS Word, LibreOfffice, OpenOffice, dsb.

Cara Membuat File PDF

Untuk membuat sebuah file PDF hanya ada satu langkah, yakni dengan melakukan konversi data dari dokumen berformat tertentu. 

Ada dua cara mengkonversi sebuah dokumen ke PDF, yaitu:

  1. Secara luring, yakni dengan terlebih dahulu menginstall software PDF. Kamu bisa terlebih dahulu memilih, memilah, dan menyusun data yang ingin dikonversi di MS Office lalu pilih Convert file to PDF
  2. Secara daring, yakni dengan mengakses aplikasi web. Untuk cara ini kamu hanya perlu mengunggah file yang sebelumnya telah disimpan ke aplikasi tersebut,menunggu hingga proses konversi selesai, lalu mengunduhnya.

Cara Membuka File PDF

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki file pdf, bagaimana cara membukanya?

Sebab sistem pengarsipan yang lumayan ketat, maka file berformat pdf tidak bisa dibuka dengan sembarang aplikasi. 

Ada beberapa aplikasi edit PDF yang cocok dipakai bagi pekerja kantoran dan umum dengan fitur yang berbeda-beda. 

Cara membuka file PDF sangatlah mudah, kamu hanya cukup menginstall software seperti Adobe Reader atau Foxit lalu memilih file PDF di perangkatmu. 

Selain itu, kamu juga bisa membukanya lewat aplikasi web seperti Sejda misalnya. 

Aplikasi web ini memiliki banyak fitur editing untuk file PDF sehingga kamu tak perlu khawatir terkait proses instalasi yang ribet. 

Demikian pengenalan singkat mengenai apa itu PDF, cara membuat, serta cara membukanya di perangkat PC. Semoga bisa bermanfaat. 

Kelebihan dan Kekurangan PDF

Di samping terkenal sebagai file portable paling populer di dunia, namun hal tersebut tidak membuat PDF lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Nah berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan file PDF.

Kelebihan file PDF

  • Relatif lebih aman, dengan menambahkan kata sandi atau dengan menambahkan watermark,
  • Kompres file besar, sehingga tak perlu khawatir jika ingin berbagi dengan orang lain, 
  • PDF bersifat mandiri atau self-contained yang artinya file PDF bisa digunakan di berbagai perangkat berbeda dengan OS apapun.

Kekurangan file PDF

  • Sulit untuk diedit, namun bisa menggunakan software pihak ketiga untuk melakukan proses editing,
  • File tak dapat dibuka jika dikunci,
  • Aplikasi pembuka PDF berukuran lumayan besar.

Bagaimana? Sudah paham dengan penjelasan apa itu PDF di atas? Semoga paham ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *