Macam-Macam Versi Windows

Bagi sebagian orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia teknologi, pastinya tidak asing dan telah banyak mengenal versi–versi sistem operasi Windows. Namun, bagi para pemula pastinya belum banyak yang mengetahuinya.

Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan sistem antarmuka pengguna grafis. Microsoft selalu berupaya untuk terus menghadirkan teknologi dan inovasi baru, tidak terkecuali dengan produknya yaitu Windows, sistem operasi buatan Microsoft ini terus berkembang sampai sekarang ini.

Ada beberapa macam versi Windows yang perlu Anda ketahui? Setiap versi Windows merupakan sistem operasi hebat pada masanya, semua versi ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, serta mempunyai spesifikasi minimal masing-masing.

Macam-Macam Urutan Versi Windows

Dari banyaknya versi Windows yang sudah di buat oleh Microsoft, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara singkat tentang macam macam versi Windows.

1. Windows 1.0 (1985)

Windows 1.0 merupakan versi windows pertama dengan graphical user interface yang diperkenalkan oleh Microsoft corporation pada tahun 1985, Windows 1.0 ini dirasa kurang populer pada zamannya karena kurang fitur dalam fungsionalitasnya.

Sistem operasi Windows 1.0 ini memiliki kemampuan kurang lebih sama dengan MS-DOS, namun berbeda dibagian tampilan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 sendiri memiliki beberapa versi diantaranya versi 1.01, 1.03, dan 1.04.

2. Windows 2.0 (1987)

Windows 2.0 merupakan versi ke-2 yang dirilis pada tahun 1987 oleh Microsoft, Windows 2.0 ini lebih populer dibandingkan pendahulunya karena Microsoft membuat inovasi dengan menambahkan aplikasi grafis buatannya sendiri yaitu Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows.

Selama dua tahun pengembangan, Bill Gates berhasil menemukan fitur maximize dan minimize pada aplikasi yang sedang dibuka pada windows 2.0 ini. Dari segi desain, windows 2.0 ini masih sama dengan windows 1.0 yang menggunakan skema 16 bit. Windows 2.0 juga memiliki beberapa varian yaitu versi 2.0, 2.10 dan 2.11.

3. Windows 3.0 dan Windows 3.1 ( 1990 dan 1992)

Pada 22 Mei 1990 merupakan titik awal perkembangan Windows, Microsoft memperkenalkan Windows 3.0 yang sudah mendukung fitur grafis sehingga tampilan komputer menjadi lebih berwarna dan lebih berkualitas.

Icon software mulai diperkenalkan dalam Windows 3.0 ini, dan  Windows 3.0 merupakan sesi Windows pertama yang support terhadap SVGA dan XGA. Microsoft bisa dibilang sukses dengan Windows 3.0 ini, dengan adanya fitur peningkatan performa terhadap aplikasi yang kompatibel dengan Windows.

Serta kemampuan untuk memberikan izin pemakai melakukan aktivitas multitasking. Kemudian pada tahun 1992, versi Windows 3.0 di upgrade menjadi Windows 3.1 yang dirilis dengan perbaikan yang diperlukan dan font yang lebih ditingkatkan.

4. Windows NT 3.1 (1993)

Microsoft sendiri terus melanjutkan pengembangan sistem operasi yang baru dengan nama Windows NT 3.1. Windows NT 3.1 sebagian besar hadir dengan komponen 32-bit yang ditampilkan dalam Windows 3.1 dan Windows for Workgroups.

Windows NT 3.1 merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang dirilis pada 27 Juli 1993, nama NT awalnya merupakan singkatan dari New Technology. Namun, seiring berkembangnya zaman nama NT tidak lagi dianggap sebagai akronim.

5. Windows NT 3.5 (1994)

Selanjutnya ada Windows NT 3.5 yang dirilis pada tahun 1994, dan Windows NT 3.5 merupakan versi kedua dari Windows NT. Selain itu, tujuan utama selama pengembangan dari Windows NT 3.5 adalah untuk meningkatkan kinerja sistem operasi.

Windows NT 3.5 dilengkapi dengan support Winsock dan TCP / IP yang telah terintegrasi. Hal ini menjadi pembeda dengan pendahulunya, dimana Windows NT 3.1 hanya mencakup implementasi TCP / IP yang tidak lengkap berdasarkan API AT&T Sistem UNIX V “STREAMS”.) stacks in TCP / IP dan IPX / SPX pada Windows NT 3.5 ditulis ulang.

6. Windows NT 3.51 (1995)

Windows NT 3.51 merupakan versi ketiga dari Microsoft yang dirilis pada 30 Mei 1995. Windows NT 3.51 dirilis sembilan bulan setelah rilis Windows NT 3.5, dan tiga bulan sebelum perilisan Windows 95.

Windows NT 3.51 juga dirilis untuk arsitektur x86, MIPS, dan Alpha. Perilisan  Windows NT 3.51 memberikan dua peningkatan fitur penting, pertama Windows NT 3.51 menjadi yang pertama dari short-lived outing Microsoft Windows pada arsitektur PowerPC.

Kemudian yang kedua, ini merupakan peningkatan yang paling signifikan karena pada versi ini Windows NT 3.51 menyediakan dukungan klien atau server untuk inter-operasi dengan Windows 95.

7. Windows 95 (1995)

Meskipun sudah menginjak usia 10 tahun, Microsoft sendiri masih mengandalkan MS-DOS sebagai penopang Windows 95. Namun demikian, pada versi Windows 95 terdapat beberapa rubahan ikonik yang bakal terus dipakai sampai sekarang.

Beberapa di antaranya adalah penggunaan tombol Start di pojok kiri bawah, sistem 32-bit untuk melakukan multitasking, hingga penambahan internet explorer.

8. Windows NT 4.0 (1996)

Windows NT 4.0 dibuat bertujuan untuk pasar Workstation sebagai pesaing dari dominasi Novel Netwar dan UNIX. Windows NT 4.0 ini memiliki initerface layaknya Windows 95 dan kernelnya sama dengan yang dimiliki Windows NT.

9. Windows 98 (1998)

Pada akhir tahun 90-an bisa dibilang menjadi era perkembangan teknologi terbesar sampai sekarang. Sebagian komputer mulai terhubung dengan jaringan internet kabel sehingga Microsoft mulai memasukkan aplikasi seperti Outlook Express, Internet Explorer 4, Microsoft Chat, Windows Address Book, hingga NetShow Player yang kini lebih familiar sebagai Windows Media Player.

Pada versi Windows 98, pengguna juga sudah mulai familiar dengan teknologi USB termasuk USB Mice dan USB Hubs. Secara keseluruhan Windows 98 merupakan versi yang memang sengaja dirancang untuk menyenangkan konsumen dengan menambahkan efek border 3D, quick launch toolbars, dan warna gradien di title bar serta hardware dan driver yang juga dapat ditingkatkan.

10. Windows 98 Second Edition (SE) (1999)

Windows 98 Second Edition atau yang sering disingkat dengan Windows 98 SE atau Win98 SE dirilis pada 5 Mei 1999. Windows 98 SE mencakup banyak perbaikan diantaranya perbaikan pada bug dari versi sebelumnya.

Selain itu, ada peningkatan dukungan audio dan modem WDM, peningkatan dukungan USB, penggantian Internet Explorer 4.0 dengan Internet Explorer 5.0, Folder Web (ekstensi namespace WebDAV untuk Windows Explorer), pembaruan shell terkait dan lain-lain.

11. Windows 2000 (2000)

Windows 2000 dirilis oleh Microsoft pada bulan februari tahun 2000 yang lebih dikenal dengan nama windows NT 5.0. Sistem operasi ini mencakup pangsa pasar workstation dan server, Windows 2000 juga mempunyai fitur aktive Directory, Microsoft management console, Windows media player dan directX 6.1.

12. Windows Millenium Edition (ME) (2000)

Lima bulan setelah Windows 2000 dirilis, Microsoft  kembali merilis versi Windows Millennium Edition (ME) pada September 2000. Ada beberapa fitur utama yang tersedia pada Windows Millenium Edition (ME), seperti pemutar media baru dengan skin yang dapat diubah dan support yang lebih banyak pada file systems, serta ikon sistem ditingkatkan dengan warna tinggi baru.

Meskipun mampu menghadirkan sejumlah aplikasi penting untuk para penggunanya. Pada kenyataannya Windows Millenium Edition (ME) dianggap kurang bagus bagi sebagian orang.

13. Windows XP (2001)

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, Windows XP bisa dibilang merupakan versi paling sukses menarik pelanggan. Windows XP tercatat mampu bertahan selama lebih dari 10 tahun dari tanggal peluncuran, menyisakan berbagai memori mendalam bagi setiap user yang menggunakannya.

Sebagaimana kita ketahui, Windows XP dibangun berdasarkan pada OS Windows 2000 yang menyematkan antarmuka interaktif lengkap dengan tombol start berwarna hijau untuk menarik perhatian pengguna.

Sayangnya, Windows XP mengalami masalah klasik yang biasa terjadi pada setiap produk teknologi, yakni masalah keamanan. Popularitasnya yang tinggi ternyata menarik banyak hacker untuk mulai mengeksploitasi sistem Windows XP. Alhasil, program firewall yang sudah dibangun tidak mampu berkutik melawan potensi keamanan data user.

14. Windows XP Professional x64 Edition (2005)

Windows XP Professional x64 Edition dirilis pada April 2005, Windows ini merupakan edisi Windows XP untuk komputer pribadi x86-64. Sistem operasi tersebut dirancang untuk menggunakan memory address 64-bit yang diperluas dan juga disediakan oleh arsitektur x86-64.

Microsoft Windows XP Professional x64 Edition ini memiliki fitur klien Windows XP versi pertama seperti System Restore, Windows Messenger, Fast User Switching, Welcome Screen, Security Center and games, yang tidak dimiliki Windows Server 2003.

15. Windows Vista (2006)

Jika sebelumnya kita bisa menyimpulkan bahwa Windows XP merupakan produk paling populer dan paling lama umurnya. Maka untuk Windows Vista bisa dibilang sebagai produk gagal yang kurang mendapat tempat di hati konsumen.

Windows Vista sendiri hadir dengan membawa nuansa transparan di beberapa bagian antarmuka. Sayangnya, sistem operasi ini memiliki kinerja sangat lambat ketika dijalankan oleh komputer tipe lama. Selain itu, pengguna juga mengeluhkan adanya request dari beragam aplikasi tambahan yang dibawa oleh Windows Vista.

16. Windows 7 (2009)

Windows 7 dirilis Microsoft pada Oktober 2009 sebagai yang terbaru dalam jajaran sistem operasi Windows sebagai penerus dari Windows Vista. Usai mendapat cibiran di versi sebelumnya, Microsoft berhasil menjawab dengan kehadiran Windows 7. Dilihat dari segi performa, Windows 7 jauh lebih cepat, stabil dan interaktif sehingga mampu menarik minat banyak orang untuk mulai menggunakannya.

17. Windows 8 (2012)

Resmi dirilis pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 menandai berakhirnya era tombol start di pojok kiri bawah. Selain itu, Microsoft juga memberikan perubahan tampilan yang cukup signifikan ke Windows 8 dengan menyematkan widget di halaman depan.

Sampai sejauh ini, Windows 8 merupakan versi yang paling powerfull, stabil, interaktif, dan memiliki kecepatan booting kilat dibandingkan versi sebelumnya. Sayangnya, meskipun memiliki desain yang lebih modern dan futuristik, akan tetapi banyak yang menganggap bahwa Windows 8 adalah sistem operasi gagal yang pernah dirilis sepanjang sejarah Windows.

18. Windows 8.1 (2013)

Setahun setelah booming antarmuka Windows 8, Microsoft kembali menghadirkan OS terbaru yang disebut Windows 8.1. Pada versi ini perusahaan kembali membawa tombol start ke pojok kiri bawah layar. Namun, fungsi iconnya digantikan dengan logo Windows flat.

19. Windows 10 (2015)

Salah satu perubahan besar yang dibawa oleh Windows 10 adalah perbaikan pada fitur touchscreen friendly. Sehingga para pengguna gadget yang mendukung fitur ini bisa lebih enjoy menjalankan aktivitas sehari-hari.

Terdapat juga update DirecX 12, tampilan tombol start yang lebih seimbang, serta sejumlah pembaruan lain yang mampu menarik minat banyak pengguna beralih dari Windows 8.1 ke Windows versi terbaru. Anda bisa membaca artikel tentang cara update Windows 10.

Itulah pembahasan terkait macam-macam versi Windows dari awal sampai sekarang lengkap beserta keterangannya. Dengan adanya sistem operasi Windows, maka aktivitas yang membutuhkan komputer menjadi lebih mudah dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *