Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan memang sering disebut lebih berkah dibanding di hari-hari biasa. Sebab, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan segala amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan ini akan dilipat gandakan.

Jika membaca Alquran di hari biasa saja pahalanya sudah sangat besar, lalu bagaimana jika dilakukan di bulan Ramadhan? Tentu ganjaran pahala yang akan didapatkan oleh setiap kaum muslim yang melakukannya, akan bertambah secara berkali-kali lipat.

5 Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Terdapat 5 manfaat membaca Alquran di bulan Ramadhan yang dapat membuat pahala seseorang bertambah secara berkali-kali lipat. Maka dari itu, tidak mengherankan jika setiap bulan Ramadhan tiba, akan ada banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk membaca Alquran setiap hari.

Sekarang untuk menghemat waktu yang berharga, langsung saja kami bagikan informasi tentang 5 keutamaan membaca Alquran dalam bulan Ramadhan, yang antara lain:

  • Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Hari kiamat akan menjadi hari akhir bagi setiap manusia. Ketika hari ini sudah tiba, tidak akan ada lagi kehidupan dan hari kiamat juga akan menjadi hari terakhir pahala manusia akan dihitung. Maka dari itu, sebelum hari kiamat tiba, sering-seringlah berbuat kebaikan untuk menjadi bekal di akhirat nanti.

Salah satu kebaikan yang bisa dilakukan oleh setiap umat muslim untuk menjadi bekal di akhirat nanti adalah, membaca Alquran di bulan Ramadhan. Sebab, salah satu keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan adalah dapat memberi syafaat di hari kiamat.

Dengan membaca Alquran di bulan Ramadhan secara rutin, dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang sangat besar di hari kiamat. Sehingga, hal ini bisa menjadi bekal tersendiri bagi para umat muslim yang melakukannya.

  • Diangkat Derajatnya

Ketika seorang umat muslim membiasakan diri untuk mengaji atau membaca Alquran selama bulan Ramadhan, maka secara otomatis derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Apalagi, jika isi kandungan dari Alquran ini juga dipelajarinya secara tepat.

Ketika seorang umat muslim bisa mengamalkan apa yang menjadi isi dari Alquran tersebut, maka pahala yang bisa diperoleh akan semakin berlimpah. Untuk melakukannya, tentu mereka harus mempelajari isi kandungan dari Alquran itu sendiri terlebih dahulu.

  • Membuat Hati Terasa Lebih Tenang

Hati yang gelisah, cemas, penuh dengan kesedihan, dan penuh dengan kemarahan tidak boleh ditanamkan dalam diri seseorang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perasaan-perasaan tersebut adalah, dengan rutin membaca Alquran di sela-sela kesibukan seseorang.

Amalan ini akan membuat hati terasa lebih tenang ketika dilakukan di bulan Ramadhan. Ketika seseorang membaca Alquran di bulan Ramadhan, maka hati dan pikirannya bisa terasa lebih tenang. Sebab, semua amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

  • Meningkatkan Keimanan Umat Muslim

Keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan selanjutnya adalah dapat meningkatkan keimanan dari setiap umat muslim yang melakukannya. Pada dasarnya, kondisi iman dari setiap umat muslim akan berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Maka dari itu, salah satu tugas yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim adalah menjaga keimanan agar selalu berada dalam kondisi yang baik. Untuk melakukan tugas tersebut, seorang umat muslim bisa membaca Alquran secara rutin.

Nantinya, semakin jiwa tersadarkan dengan keajaiban Alquran, maka semakin tinggi tingkat keimanan dari seorang muslim yang melakukannya.

  • Pahala Berlipat Ganda

Manusia hidup untuk mengumpulkan pahala di dunia ini. Untuk mendapatkan pahala di dunia ini, seseorang harus melakukan berbagai macam kebaikan yang dapat menambah amalan dalam dirinya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membaca Alquran secara rutin.

Pahala yang bisa didapatkan seseorang ketika membaca Alquran di hari-hari biasa dapat dibilang sudah sangat berlimpah. Lalu, bagaimana jika amalan ini dilakukan selama bulan Ramadhan? Tentu amalan tersebut akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Mulailah membiasakan diri membaca dan memahami isi kandungan Alquran di bulan Ramadhan, karena keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan bisa menjadi bekal untuk kehidupan di akhirat nanti. Semakin banyak pahala dikumpulkan, semakin tentram kehidupan akhirat seseorang.

Bagi yang belum bisa membaca Alquran, bulan Ramadhan bisa jadi momen yang tepat untuk belajar ngaji, bisa cari bantuan guru ngaji online lho! Semoga di bulan yang penuh berkah, bisa memaksimalkan ibadah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.