Keunggulan TikTok sebagai Media Promosi

Aplikasi Tiktok saat ini sedang menjadi tren di kalangan generasi muda. Alasannya, banyak anak muda yang menggunakan aplikasi tersebut. Sementara itu, menurut data tahun 2020. Jumlah pengguna TikTok kini sudah mencapai 732 juta orang. Oleh sebab itu, orang yang menggunakan Tiktok merupakan potensi pasar yang bisa digarap oleh pebisnis. Lantas, apa saja keunggulan TikTok sebagai media promosi? Berikut ini informasi selengkapnya:

1. Aplikasi Kesukaan Anak Muda

Alasan pertama, menggunakan aplikasi Tiktok untuk berpromosi, yaitu  aplikasi tersebut banyak dipakai  oleh anak muda usia 14- 24 tahun. Jadi, sangat potensial digarap sebagai objek untuk memasarkan produk. Pasalnya, karakter anak muda yang cenderung konsumtif merupakan peluang besar untuk memasarkan produk. Jika produknya menarik, maka pengguna Tik Tok akan membelinya.

Berapapun harga yang ditawarkan penjual. Apalagi, kalau produk yang akan dijual berhubungan dengan idolanya. Contohnya, jualan kue dengan kemasan BTS. Pastinya, penggemar BTS yang ada di Tiktok akan membelinya. Hal tersebut disebabkan oleh rasa cinta yang sangat besar kepada idolanya.   

2. Konten TikTok Tidak Membosankan

Salah satu keunggulan TikTok adalah kontennya yang tidak membosankan. Penyebabnya, konten TikTok hanya berisi video pendek berkisar antara 15 sampai 30 detik saja. Oleh karena itu, konten singkat yang menarik akan ditonton pemakai TikTok. Hal itu bisa jadi peluang besar bagi perusahaan untuk lebih kreatif membuat konten promosi singkat.

Jadi, kelihaian memilih konsep konten yang tepat di TikTok sangat diperlukan . Jangan lupakan juga teknik copywriting yang sesuai, sebab akan meningkatkan jumlah penjualan produk.

Alhasil dengan konsep video yang menarik engagement audien, keuntungan penjualan produk akan meningkat pesat. Hal itulah yang menjadi keunggulan TikTok sebagai media promosi efektif dan efisien.

3. Bisa Membuat Rintangan yang Berpotensi Viral

Keunggulan TikTok sebagai media promosi yang selanjutnya yaitu membuat rintangan yang berpotensi viral. Jadi, bisa menyedot perhatian publik. Salah satu contoh  yang pernah viral di media sosial, adalah rintangan membalik botol yang viral tahun 2016 lalu. Ada salah satu akun Youtube  bernama Cameo Project. Kelompok youtuber tersebut, membuat konten flip bottle challenge menggunakan botol Aqua. Hasilnya, pun cukup lumayan, sebab Cameo project berhasil meraup  sekitar 174. 480 penonton.

Metode tersebut, bisa dipakai untuk memperkenalkan produk usahanya. Misalnya, tantangan makan keripik sanjai  selama 30 detik. Apabila pemakai Tiktok tertarik untuk mengikuti rintangan tersebut. Masyarakat akan berbondong-bondong membeli produk keripik sanjai tersebut. Akhirnya, omset penjualan keripik sanjai pun akan meningkat.

4. Memperkenalkan Produk Melalui Musik

Salah satu fitur unggulan dari Tiktok adalah dapat memasukan berbagai jenis musik ke dalam aplikasi tanpa dikenai aturan hak cipta. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan oleh penjual untuk memperkenalkan produknya. Caranya, penjual harus  membuat konten yang disertai musik yang kreatif.   

Contohnya, adegan makan es krim memakai lagu iklan produk  yang mudah dihafal. Setelah itu, pengguna Tik Tok akan tertarik dengan konten tersebut. Ada juga contoh lainnya, ketika salah satu klub sepakbola Inggris membuat konten TikTok berisi cuplikan proses terjadinya gol. Menariknya klub tersebut menggunakan lagu karya musisi Indonesia  sebagai musik latar. Hasilnya, video tersebut menjadi terkenal di berbagai jenis media sosial.

5. Aplikasi TikTok Banyak Digunakan Orang Terkenal

Kelebihan Tiktok sebagai alat promosi yang berikutnya, yaitu banyaknya orang terkenal yang bergabung menggunakan aplikasi TikTok. Seperti, Awkarin, Anya Geraldine, Gisel & Gempi, serta, Rizky Febian. Fenomena tersebut, tentu menguntungkan bagi penjual produk. Hal itu disebabkan oleh jumlah pengikutnya yang besar di TikTok. Penjual bisa membidik pengikut artis tersebut, agar membeli produk yang dijual.

Oleh sebab itu, banyak produk yang memakai jasa artis yang aktif di TikTok untuk mempromosikan produknya. Hasilnya pun cukup lumayan bisa meningkat jadi 2 atau 3 kali lipat. Berpromosi menggunakan artis yang aktif di TikTok tidaklah murah. Jadi, pemilik produk harus menyiapkan anggaran lebih untuk membayarnya.

Demikian,  pembahasan mengenai 5 keunggulan TikTok sebagai media promosi. Melihat dari jumlah penggunanya yang sangat besar tentu berpotensi membuat produk yang dipromosikan semakin terkenal. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mempromosikan produk melalui aplikasi ini. Asalkan, penjual bisa membuat konten yang menarik hati pengguna Tik Tok lain pasti produk yang dipasarkan laris manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *