Kesalahan Umum dalam Memilih Undangan Pernikahan

Kesalahan Umum dalam Memilih Undangan Pernikahan

Memilih undangan pernikahan kesannya mudah. Padahal jika salah memilih yang ada adalah kekecewaan.

Oleh sebab itu, berikut dijelaskan kesalahan umum dalam memilih undangan pernikahan. Ini dia penjelasannya:

7 Kesalahan Umum dalam Memilih Undangan Pernikahan

1. Terlalu Banyak Warna

Warna memang unsur pembagus undangan pernikahan. Karena konsep desain ini undangan dijual dengan mahal.

Akan tetapi, jika memilih undangan terlalu banyak warna hasilnya tidak elegan.

Undangan terkesan ramai dan tidak indah. Karena yang eksotis adalah undangan corak minimalis.

Maka dari itu, perhatikan saksama contoh undangan yang diperlihatkan pihak percetakan. Lebih baik pilih gradasi dua tiga warna saja karena undangan terkesan lebih luks (mewah).

2. Tidak Meminta Sampel Undangan

Kesalahan umum dalam memilih undangan pernikahan yang kedua ialah tidak meminta sampel undangan.

Jika memilih undangan pernikahan, jangan hanya melihat contoh di etalase atau dinding percetakan. Lebih baik minta dibuatkan yang baru dengan desain terpilih.

Biasanya sampel yang di etalase tidak sesuai dengan contoh undangan yang dibuat. Jika lebih bagus tidak masalah tetapi jika undangannya lebih buruk pasti ada rasa kecewa.

Maka dari itu, agar tidak salah memilih undangan pernikahan, minta sampel terbaru. Jika sesuai dengan keinginan bisa langsung dipositifkan untuk memesan.

Cara ini aman dan memuaskan daripada sekadar melihat contoh undangan yang dipajang di ruang tunggu percetakan.

3. Waktu Pemesanan Terlalu Mepet

Kesalahan yang ketiga sering dilakukan oleh calon pengantin. Yaitu memilih undangan pernikahan saat hari H sudah dekat. Akibatnya pemilihan dilakukan dengan tergesa-gesa.

Seharusnya men-survei undangan pernikahan minimal satu bulan dari hari pernikahan dilangsungkan. Dengan waktu tersebut bisa dilakukan pentaksiran harga di beberapa penyedia jasa percetakan.

Tak hanya itu, jika waktu lebih lama sampel undangan yang dilihat juga banyak. Bukan tidak mungkin bisa mendapatkan contoh undangan terbaik diantara yang ada.

Maka dari itu, jika ingin memilih undangan pernikahan datangilah percetakan jauh-jauh hari.

Jangan pula mendatangi satu dua percetakan saja. Tetapi lakukan survei menyeluruh lalu pilih jasa yang menyediakan undangan terbagus.

4. Memilih Undangan dengan Form Alamat dan Nama Kosong

Memilih undangan dengan form nama dan alamat kosong lumrah dilakukan. Padahal ini salah dan tidak efektif.

Sebab si pengantin dan keluarganya harus menulis nama dan alamat secara manual. Tentu melelahkan apalagi jika undangannya ribuan orang.

Maka dari itu, lebih baik memilih undangan yang lengkap dengan nama dan alamat. Tinggal dikirimkan saja data orang yang diundang biarkan pihak percetakan yang mengerjakan.

Jangan khawatir, banyak percetakan yang menerima jasa paketan semacam ini. Sehingga tidak merepotkan dan tenaga bisa digunakan untuk menyelesaikan kebutuhan pernikahan lainnya. Karena yang namanya perkawinan tetek bengek-nya banyak yang harus diatur secepatnya.

5. Tidak Melakukan Ceklist Kata dengan Benar

Selain desain yang juga ada di undangan pernikahan adalah kata dan kalimat. Kata tersebut tidak boleh salah. Apalagi yang terkait dengan waktu dilangsungkannya acara.

Maka dari itu, sebelum meminta diperbanyak lebih baik cek dulu sampel undangannya. Dikhawatirkan ada huruf yang hilang atau salah ketik (typo). Yang namanya manusia pasti ada kecenderungan berbuat salah.

Jika dalam proses koreksi tidak ditemukan kesalahan silakan intruksikan undangan untuk diperbanyak.

Biasanya jika sudah valid pihak percetakan tidak lagi melakukan editing sehingga kesalahan penulisan tidak akan terjadi.

Jika membutuhkan inspirasi susunan kata-kata, Anda bisa cek di website ini. Ada beberapa variasi yang bisa dijadikan patokan.

6. Memilih Undangan dengan Quotes Panjang

Hampir di setiap undangan pernikahan dipasang kata-kata indah. Ini bagus selama quotes-nya ideal dan sesuai dengan acara yang dilangsungkan.

Banyak sekali undangan yang mencantumkan kata-kata puitis terdiri dari beberapa paragraf. Padahal ini sangat mengganggu karena bisa menutupi desain undangan.

Maka dari itu, agar undangan tetap eksotis silakan pilih quotes ringan dan tidak lebih dari 4-5 baris. Pilih yang puitis dan bisa dimengerti orang yang membaca.

Undangan pernikahan semacam ini tentu terlihat elegan dan cantik. Bukan tidak mungkin orang yang mendapatkan undangan akan membaca quotes-nya berulang-ulang.

Ini memang sepele tetapi tetap harus masuk dalam kriteria pemilihan. Karena adanya quotes menjadi keterwakilan perasaan bahagia kedua mempelai bahkan ada doa dibalik kata-kata indah.

7. Memilih Undangan yang Terlalu Banyak Gambar

Gambar juga membuat undangan pernikahan tidak elegan. Apalagi jika jumlahnya terlalu banyak dan ukurannya lebar-lebar.

Jika ingin memasang foto pasang satu dua gambar saja. Silakan pilih yang terbagus lalu cantumkan di surat undangan. Jika ini dilakukan undangan terlihat lebih cantik dan berwarna.

Akan tetapi, jika gambar tidak sesuai undangan fokus pembacanya hanya pada gambar. Sedangkan waktu acara hanya dilihat sekilas. Ini beresiko ketidakhadiran apalagi jika habis dibaca undangan langsung dibuang.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut silakan pilih undangan yang bagus dan minta untuk menampilkan gambar simpel.

Kesalahan umum dalam memilih undangan pernikahan di atas harus diketahui calon pengantin. Itu pun jika ingin undangan yang disebar terlihat cantik, elegan dan mewah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *