15 Fitur Rahasia Google yang Belum Kamu Ketahui

Fitur Rahasia Google

Sekarang kamu mungkin hanya mengenal Google sebagai search engine untuk mencari sesuatu di internet. Namun, tahukan kamu? Sebenarnya Google memiliki segudang fitur menarik lainnya, termasuk fitur-fitur rahasia yang tentunya bisa kamu akses dan rasakan keseruannya.

Lantas, bagaimana cara mengakses fitur rahasia Google? Fitur-fitur tersebut bisa kamu akses dengan cara mengetikkan kata kunci tertentu di pencarian Google. Tetapi, sebagian fitur hanya dapat bekerja pada Google bahasa Inggris saja.

Langsung saja, berikut ini kumpulan fitur rahasia Google dan cara membukanya:

  1. PacMan
  2. Snake
  3. Solitaire
  4. Tic Tac Toe
  5. Coin Flip
  6. Roll a Dice
  7. Spinner
  8. Random Number
  9. Fun Facts
  10. Earth Day Quiz
  11. Weather
  12. Speed Test
  13. Calculator
  14. Currency Converter
  15. Color Picker

1. PacMan

PacMan merupakan sebuah mini-game yang sangat populer di zaman dulu dan saat ini merupakan salah satu dari banyak game Google Doodle populer yang seru dimainkan ketika bosan. Pada permainan ini kamu akan memainkan sebuah karakter yang harus memakan karakter lainnya, tapi jangan sampai karakter kamu dimakan oleh yang lain.

Sekarang, kamu bisa kembali merasakan nostalgia bermain PacMan di Google. Caranya cukup ketikkan kata kunci pacman di pencarian Google dan nikmati keseruan permainannya.

2. Snake

Masih dalam kategori game, selain PacMan, kamu juga bisa memainkan game legendaris snake atau ular-ularan di Google. Dulu, game ini sangat melegenda dan melekat di kenangan para pengguna HP Nokia jadul.

Untuk memainkan game dari fitur rahasia Google ini, ketikkan play snake di pencarian Google. Setelah hasilnya muncul, kamu bisa langsung klik tombol Mainkan atau Play berwarna biru dan buathlah skor yang tinggi.

3. Solitaire

Kalau kamu kurang tertarik dengan pilihan dua game Google sebelumnya, maka cobalah game berikutnya yang satu ini. Solitaire adalah permainan kartu yang sangat terkenal dan populer di seluruh dunia.

Kini, untuk memainkan Solitaire, kamu hanya perlu mengetikkan solitaire di Google. Kamu bahkan bisa mengatur sendiri tingkat kesulitannya. Kalau kamu merasa sudah cukup pro dalam bermain kartu, cobain deh tingkat kesulitan yang paling tinggi.

4. Tic Tac Toe

Tahu permainan tic tac toe, kan? Nah siapa sangka ternyata sekarang Google juga memiliki fitur rahasia yang memungkinkan kamu untuk bermain tic tac toe. Ketikkan saja tic tac toe di pencarian dan kamu bisa langsung mulai bermain.

Di bagian kiri atas layar bermain, kamu bisa mengatur tingkat kesulitannya dari mulai Mudah, Sedang, hingga Sangat Sulit. Di pengaturan yang sama, bahkan juga tersedia opsi untuk Bermain melawan teman. Hanya saja, kamu dan temanmu harus berada di tempat yang sama karena fitur rahasia satu ini belum mendukung permainan jarak jauh.

Pilih ingin bermain sebagai apa (X atau O) dan klik tombol Mulai Permainan untuk merasakan sensasi main tic tac toe di Google.

5. Coin Flip

Fitur rahasia Google selanjutnya adalah alat untuk melempar/memutar koin dan menampilkan hasilnya (kepala atau ekor). Untuk menggunakannya, ketikkan coin flip di pencarian Google dan klik tombol Flip it berwarna biru untuk melemparnya.

6. Roll a Dice

Selain lempar koin, masih ada lagi satu fitur serupa yang secara rahasia tersedia di Google, yaitu lempar dadu. Ketikkan roll a dice dalam kotak pencarian dan kamu bisa langsung memulai simulasi lempar dadu di Google dengan menekan tombol Roll it.

7. Number/Fidget Spinner

Masih ingat dengan kehebohan permainan fidget spinner beberapa tahun yang lalu? Buat kamu yang ketinggalan hype-nya, nggak perlu khawatir lagi karena sekarang kamu bisa memainkannya di Google.

Ketikkan saja spinner di pencarian Google, maka akan muncul sebuah fidget spinner yang bisa kamu putar-putar. Untuk memutarnya lagi, klik saja tombol spin-nya. Selain itu, di bagian atas kanan kamu bisa menggantinya menjadi pemutar angka, roda keberuntungan atau wheel of fortune.

8. Random Number

Sesuai dengan namanya, fitur rahasia Google ini akan menampilkan satu nomor acak dalam rentang 1 sampai 10 kalau kamu mengetikkan random number. Kamu juga bisa mengganti rentang angka minimal dan maksimalnya melalui kolom yang tersedia di sebelah kanan. Kemudian klik tombol Generate untuk menghasilkan nomor acaknya lagi.

9. Fun Facts

Apabila kamu mengetikkan keyword fun facts di Google, maka Google akan menampilkan fakta menarik secara random yang mungkin belum kamu ketahui. Fitur unik ini akan sangat berguna menemani kamu ketika sedang gabut atau bosan. Kamu juga akan memperoleh wawasan dan pengetahuan baru lho.

10. Earth Day Quiz

Kamu suka bermain kuis? Cobalah fitur seru Google yang kesepuluh ini. Sebagai rangka memperingati hari bumi, Google menyediakan fitur kuis rahasia yang bisa kamu akses jika mengetik earth day quiz di pencarian Google. Jawablah kuis ini, maka Google akan menentukan hewan apa yang mencerminkan diri kamu.

11. Weather

Punya rencana bepergian dalam beberapa hari ke depan? Maka fitur Google ini akan sangat berguna buat kamu. Ketikkan weather atau cuaca di Google maka Google akan menampilkan informasi cuaca hari ini di tempat kamu dan ramalan cuaca beberapa hari ke depan secara rinci hingga berdasarkan jamnya.

12. Speed Test

Sekarang kamu juga bisa mengetahui seberapa cepat koneksi internet kamu di Google. Bagaimana caranya? Ketik saja speed test di Google, lalu klik tombol Jalankan Uji Kecepatan yang berwarna biru. Dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Kecepatan koneksi download dan upload kamu akan ditampilkan dalam satuan Megabit per detik. Fitur uji kecepatan internet dari Google ini lumayan akurat. Kamu bisa klik tombol Uji Lagi untuk menjalankan pengujian lagi.

13. Calculator

Sesuai dengan namanya, calculator adalah fitur kalkulator Google yang bisa kamu gunakan ketika berselancar. Cukup ketikkan saja calculator di Google maka akan muncul kalkulator dengan fitur cukup lengkap yang bisa langsung kamu gunakan seperti biasa.

14. Currency Converter

Pernah merasa kesulitan dalam mengetahui kurs mata uang dunia? Katakan tidak lagi karena sekarang Google sudah menyediakan fitur untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Cari currency converter di Google dan kamu bisa mengetahui sekaligus menghitung kurs mata uang dunia. Misalnya kurs IDR ke USD maupun sebaliknya.

15. Color Picker

Dan fitur rahasia Google yang terakhir adalah color picker atau tools pembaca warna. Fitur ini mungkin lebih cocok buat kamu para penggiat dunia seni dan desain. Untuk menggunakannya, silakan ketik color picker di pencarian Google.

Nah itulah 15 fitur rahasia Google yang unik dan seru. Apakah kamu sudah mengetahui beberapa fitur di atas? Atau malah kamu pernah mencobanya? Jawab di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *