Face Scrub

Face SCrub

Kalian pasti tau kan lulur untuk badan? Nah, face scrub ini hampir sama dengan lulur badan. Bedanya, scrub atau butirannya lebih halus. Teksturnya pasti kasar di kulit, karena dia berfungsi untuk memberikan kelembutan pada kulit wajah. 

Biasanya face scrub dengan kandungan natural ini butirannya terbuat dari biji-bijian, seperti kopi, gula, garam, biji anggur, biji aprikot atau biji labu.

Ada juga yang memang dibuat oleh produsen untuk dijadikan scrub, seperti microbeads yang umum digunakan untuk sabun cuci wajah. Biasanya ketika dipakai scrubnya akan terasa lebih lembut, namun fungsinya untuk exfoliate tetap efektif.

Fungsi dari scrub tidak lain tidak bukan adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Setiap merk dari berbagai brand memiliki tekstur dan ukuran scrub yang berbeda-beda dengan keunggulannya masing-masing.

The Face Shop Smart Peeling Honey Black Sugar Scrub

Black sugar dan madu dalam produk ini berfungsi sebagai pengangkat sel kulit mati, selain itu membersihkan pori-pori dan membuat tekstur kulit wajah menjadi elastis. Sensasi halus dan glowing diberikan oleh madu. Setelah dibersihkan tidak ditinggal begitu saja teman-teman.

Himalaya Purifying Neem Scrub

Himalaya memiliki formulasi khusus untuk mencegah masalah kulit akibat bakteri, seperti jerawat. Sifat anti bakteri diambil dari tanaman neem yang membantu melawan perkembangan bakteri.

Scrub yang didalamnya berasal dari aprikot yang lembut di wajah. Selain sel kulit mati terangkat, akan membantu mengatasi komedo juga lho gais!

Freeman Polishing Charcoal and Black Sugar Gel Mask + Scrub

Charcoal mempunyai manfaat untuk membersihkan pori-pori, mengobati jerawat, juga menyerap minyak berlebih. Scrubnya dibuat dari black sugar, meski butirannya terlalu besar dan kasar tapi punya efek membersihkan banget dan tidak akan membuat kulit menjadi kering. Karena ini namanya gel mask + scrub, sekali pakai dapat dua manfaat sekaligus kan?

Mineral Botanica Facial Scrub

Butiran yang diciptakan Mineral Botanica tergolong halus, agar saat proses exfoliate tidak terjadi iritasi atau penipisan pada kulit. Selain mengangkat kotoran, minyak dan sisa makeup, kulit wajah menjadi lebih cerah dan terlihat sehat.

St. Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask

Mengandung oatmeal dan madu sebagai agen yang berfungsi untuk menyejukkan dan menenangkan. Sedangkan scrubnya terbuat dari biji kenari. Produk ini punya tekstur yang lembut dan partikelnya tidak kasar. Kalau menurut kalian?

Erha Exfoliating Cleansing Scrub

Produk ini memiliki scrub yang lembut dan tidak membuat perih ketika digosok ke wajah. Klaim dari Erha Exfoliating Cleansing Scrub ini bisa mencerahkan wajah, bebas komedo dan jerawat, mengangkat minyak dan kotoran, dan mencegah tanda penuaan dini.

Wardah White Secret Exfoliating Scrub

Siapa sih yang nggak tau wardah? Harganya affordable dan punya kualitas oke. Wardah White Secret Exfoliating Scrub membantu membersihkan kotoran penyumbat pori-pori, dan memaksimalkan regenerasi pada malam hari. Klaimnya Advanced-White Specific System mengeksfoliasi kulit dengan lembut untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah.

Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Scrub

Eksfoliator yang dapat membersihkan dan mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Kandungan yang ada dalam Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Scrub ini ada lidah buaya, bunga ylang ylang, biji kakao, minyak esensial vanila, coklat, minyak kelapa, dan madu yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada wajah setelah scrubbing.

Sebamed Clear Face Gentle Scrub

Scrub milik Sebamed ini berperan sebagai exfoliator yang bekerja dalam pori-pori secara perlahan, fungsinya untuk mengurangi efek meradang atau merah-merah setelah exfoliating. Microbeads bekerja mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Punya nilai pH 5,5 ini mampu menjaga skin barrier.

Skinfood Black Sugar Mask Wash Off

Ini best seller product dari Skinfood lho! Produk ini punya fungsi ganda, masker dan scrub sekaligus. Menarique sekali bukan? Hihihi. Bahan dasarnya gula hitam organik yang bertekstur kasar dan padat. Namun, setelah dioleskan ke wajah akan meleleh.

Emina Apricot Jam Face Scrub

Berbahan dasar biji aprikot dan minyak zaitun, alami sekali kan? Kedua bahan tersebut sebagai eksfoliator dan pelembab sekaligus. Kotoran, minyak dan sisa makeup terangkat, namun kulit tetap lembab.

Safi White Expert Deep Exfoliator

Safi White Expert Deep Exfoliator ini mengkombinasikan teknologi OxyWhite, habbatussauda, dan scrubnya dibuat dari biji aprikot. Menyingkirkan sel kulit mati, mencerahkan, juga mengangkat sebum yang menyumbat pori-pori.

Terkadang kita salah dalam melakukan scrubbing pada wajah, bukan dapat wajah yang bersih dan halus tapi malah muncul masalah baru. Jadi, yang disarankan menggunakan face scrub 2-3 kali seminggu saja. Kenapa? Karena terlalu sering scrub wajah tidak baik untuk kesehatan skin barrier bisa tipis atau kekuatannya akan menurun.

Jangan lupa patch test terlebih dahulu ya, sebelum mengoleskan scrub ke seluruh bagian wajah. Jika kalian ragu membeli full size, bisa coba travel size terlebih dahulu.

Pengen dapet informasi seputar tips memilih skincare dan kosmetik terbaru? Kunjungi Syarah.id. Syarah.id merupakan situs referensi seputar skincare dan kosmetik terupdate yang bisa dijadikan rujukan buat kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *