Ide Dekorasi Kelas

Kelas merupakan tempat anak-anak belajar, berinteraksi dengan teman, dan berkreasi. Di sini pula, anak-anak terutama di usia pra-sekolah akan didorong untuk berkarya. Belajar terus menerus di dalam ruangan kelas tidak dipungkiri dapat menimbulkan rasa jenuh dalam diri para siswa. Oleh karena itu, dekorasi kelas yang menarik dan lebih ‘hidup’ dapat membuat proses belajar mengajar menjadi tidak membosankan. Simak berikut ini adalah

7 Ide Dekorasi Kelas yang Membuat Para Siswa Nyaman dan Betah.

1. Dekorasi Akuatik yang Adem

Dekorasi kelas yang pertama ini menghadirkan hiasan bertema akuatik pada seluruh bagian ruangannya. Bukan hanya hiasan di dinding, kelas ini juga memperhatikan dekorasi pada langit-langit. Gambar penyu yang digantung dan tirai dominasi warna biru menonjolkan nuansa di dalam lautan. Sehingga, ruang kelas ini sungguhan menciptakan suasana yang adem dan cerah. Jika ingin lebih simple dan tidak terlalu ramai, desain berikut juga dapat menjadi ide yang menarik.

Dekorasi kelas penuh dengan lukisan kehidupan di bawah laut, seperti beragam ikan, rumput laut, gurita, terumbu karang, dan lainnya.

2. Dekorasi Bernuansa Homey

Anda bisa membuat murid merasa lebih nyaman dengan pemilihan desain interior berupa hiasan yang serba homey seperti bingkai foto dan rak buku. Anda bisa sekalian mengajak semua murid untuk membuat bingkai foto dari kardus atau menghias rak buku sehingga akan muncul rasa saling memiliki terhadap hiasan kelas tersebut. Pilih warna rak buku yang terang dan lengkapi area dinding dengan hiasan berisi kutipan motivasi. Tema dekorasi kelas ini bisa diaplikasikan untuk tingkat remaja supaya tidak terkesan terlalu kekanakan.

Nah apabila kamu mencari ide desain rak buku kamu bisa mengunjungi web dijabodetabek.id disana di bahas ragam desain rak buku yang unik – unik dan kreatif.

3. Dekorasi Warna Warni yang Ceria

Dekorasi warna-warni dominan terang identik dengan nuansa ceria untuk menghidupkan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Warna yang dipilih seperti merah,biru muda, dan kuning. Uniknya, warna-warna ini dipadukan juga dengan warna sekunder yaitu warna hitam. Ciri vintage berusaha ditonjolkan dengan wallpaper atau wall covering merah-kuning vertikal di sekeliling ruang kelas. Dekorasi menggantung di atas tiap meja menghadirkan suasana karnival.

Warna-warna pada lentera juga diterapkan di area penyimpanan berbentuk container plastik yang tersusun secara teratur sehingga memudahkan anak-anak mengambil juga menyimpan barang.

4. Tema Mekanik yang Membangkitkan Kreativitas

Ide berikutnya masih seputar tampilan warna-warni yang diperlihatkan pada dekorasi kelas. Bedanya, pernak-pernak disini banyak berbentuk alat-alat mekanik, seperti roda bergigi, baut, dan ring. Semuanya hampir bisa dibuat sendiri lho! Untuk hiasan roda bergigi, bahannya adalah kertas lipat dan karton kemudian gunting atau lipat seperti saat membuat kipas. Tema ini cocok untuk suasana kelas yang memiliki alat peraga atau mainan interaktif seperti lego. Alat tulis dan mainan sebenarnya juga bisa jadi bagian dari dekorasi kelas, namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengatur penyimpanan barang-barang tersebut. Selain itu juga harus dipastikan untuk dekorasi tidak terlalu meriah karena bisa membuat anak-anak jadi sulit berkonsentrasi.

5. Tema Luar Angkasa Membuat Lebih Atraktif

Anda bisa menyesuaikan tema dekorasi sesuai dengan pelajaran yang sedang didalami, seperti pilihan satu ini. Hiasan bertema luar angkasa cocok untuk pelajaran yang bersinggungan dengan astronomi maupun geografi. Dengan gambaran gugusan bintang, planet, bulan, matahari, otomatis kelas akan lebih aktif karena dekorasi yang atraktif. Anda bisa memulai dengan menggunakan warna dasar biru di kelas. Bagian plafon bisa menggunakan warna biru yang lebih gelap untuk menciptakan kesan warna langit di malam hari ditambah hiasan menyerupai bintang-bintang. Setelah itu, berikanlah berbagai stiker berbentuk awan dan matahari untuk menghadirkan kesan suasana di siang hari. 

6. Dekorasi yang Menyejukkan dalam bentuk Taman

Siapa bilang taman hanya untuk dibuat di luar ruangan? Anda bisa juga menyulap ruang kelas dengan suasana seperti di taman. Anda bisa memilih warna dasar putih untuk bagian bawah dinding dan warna dasar biru muda di bagian atas dinding. Kemudian, berikan stiker berbentuk rerumputan dan berbagai jenis tanaman. Sementara, bagian atas Anda bisa tambahkan stiker berbentuk awan dan matahari. Kemudian, untuk melengkapi suasana taman Anda bisa pilih berbagai stiker berbentuk hewan.

7. Dekorasi Dominasi Hitam-Putih

Pada dasarnya, ruang kelas ini didesain dengan dominan warna yaitu hitam dan putih. Kemudian, penerapan pernak-pernik dekor berwarna terang sebagai kontras dari warna monokrom tersebut. Contoh ruang kelas ini memiliki fasilitas lengkap yang terhubung tanpa sekat, sehingga semua murid lebih mudah bergerak.

Bagaimana ide dekorasi kelas diatas? Sangat kreatif dan menarik ya. Adanya dekorasi ruang kelas yang kreatif kerap membawa keceriaan dan menunjukkan siswa tidak mudah bosan. Selamat menerapkan di ruang kelas Anda. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *