Cara Mudah Membuat Video Tutorial di Laptop

Konten video tutorial saat ini cukup banyak disukai. Hal ini terlihat dari beberapa konten video tutorial di youtube yang mendapat banyak view dan semakin hari semakin banyak video serupa yang diupload di sana. 

Jika kita melihat beranda instagram atau beranda YouTube, kadang juga kita temui konten video tutorial. Seperti tutorial cara desain logo, tutorial komputer, tutorial memasak, dan lain sebagainya.

Nah setelah kami pelajari, ternyata kita pun bisa membuat video tutorial dengan mudah di laptop. Yaitu dengan model video tutorial paling sederhana yang direkam menggunakan screen recorder.

Baik di laptop maupun di android sama-sama bisa dilakukan screen recording menggunakan aplikasi tertentu. Bahkan kalau kita jeli, sebenarnya di laptop ada aplikasi bawaan sistem Windows yang bisa kita gunakan untuk merekam layar.

Mengenai bagaimana cara merekam layar laptop, tutorialnya sudah banyak tersedia di YouTube dan juga yang tertulis di artikel website. Silakan cek saja dan pelajari bagaimana caranya.

Di artikel ini, kami akan jabarkan bagaimana cara membuat video tutorial di laptop dengan menggunakan aplikasi editing video. 

Kenapa Membuat Video Tutorial di Laptop?

Hampir sebagian besar content creator, editing videonya pakai PC atau laptop. Namun, bukan berarti yang edit pakai handphone nggak ada ya. Sebenarnya ini ada kaitannya dengan faktor kenyamanan.

Ada orang yang lebih nyaman bikin video di layar laptop atau PC yang layarnya lebar. Sehingga dia bisa detail ketika mengolah gambar bergerak dengan perangkat PC atau laptopnya. Biasanya mereka merekam gambar menggunakan kamera, lalu memindahkan file ke laptop dan mengeditnya.

Namun, disini kami akan coba tunjukkan cara membuat video di laptop. Lebih spesifik lagi jenis video tutorial. Kenapa video tutorial? Ya, karena jenis konten ini bisa kita kerjakan tanpa harus menggunakan kamera untuk membuatnya. Kita bisa menggunakan fitur rekam layar laptop.

Cara merekam layar laptop sangat mudah. Silakan gunakan fitur bawaan Windows, atau menggunakan aplikasi yang kita install di laptop. 

Tahapan Membuat Video Tutorial di Laptop

Di sini kami anggap kalian sudah bisa merekam layar laptop ya? Selanjutnya kita akan gunakan hasil rekaman itu sebagai bahan membuat video tutorial.

Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Aplikasi Editing Video

Ada banyak software editing video di laptop. Silakan gunakan yang sesuai dengan spesifikasi laptop dan kenyaman kalian. Jangan sampai memaksakan diri mengedit video menggunakan software yang spesifikasinya nggak cocok dengan laptop, karena bisa kurang maksimal saat pengerjaannya.

Jika spek laptop sedang-sedang saja, bisa coba aplikasi editing ringan seperti Wondershare Filmora, Kinemaster, atau yang lainnya. Nah, di sini kami coba contohkan pakai aplikasi Filmora.

2. Insert Video dan Potong Bagian yang Tidak Perlu

Caranya tinggal drag file dari folder yang ada di laptop ke lembar kerja yang ada di aplikasi Filmora. Atau bisa juga dengan klik menu import file yang ada di aplikasi tersebut. Selanjutnya kita akan dibawa ke folder laptop dan silahkan pilih file video yang akan kita edit.

Selanjutnya silahkan pindahkan video yang akan kita potong ke timeline. Caranya tinggal drag saja file video yang sudah diimport tadi ke lembar kerja timeline. Kemudian letakkan garis putar di bagian yang hendak kita potong, lalu klik icon gunting untuk memotong video tersebut.

Kita delete bagian video yang nggak dibutuhkan. Cara inilah yang dipakai untuk membuang adegan yang tidak perlu atau bagian video yang kurang baik untuk ditampilkan.

3. Tambahkan Teks

Teks berfungsi untuk memberi penjelasan bagian-bagian tertentu pada video yang dirasa perlu untuk ditampilkan. Untuk video tutorial biasanya kita butuh teks untuk menjelaskan tahapan-tahapan, dan juga keterangan yang belum kita jelaskan melalui audio.

Cara menambahkan teks, silakan tempatkan garis timeline ke bagian yang hendak kita tambahkan teks. Klik menu “Title” pilih jenis tulisan yang akan kita tambahkan. Kemudian drag ke timeline, dan ubah tulisan dengan yang kita inginkan.

4. Tambahkan Audio atau Backsound

Audio atau backsound bisa kita tambahkan dari suara yang kita rekam langsung menggunakan aplikasi Filmora, atau dengan cara insert audio ke folder media yang ada di aplikasi tersebut. Untuk menambahkan audio rekaman suara secara langsung, kita tinggal klik icom mic yang ada di menu di atas timeline.

Sedangkan untuk menambahkan audio dari file di laptop, kita tinggal drag file atau melalui insert file ke lembar kerja. Caranya sama seperti ketika kita insert file video yang sudah dijelaskan di step nomor 2. Setelah itu tinggal drag file ke audio track yang ada di bawah timeline video.

5. Tambahkan Efek Transisi

Perpindahan part video kadang terasa kurang nyaman ketika asal potong. Maka dari itu perlu kita tambahkan efek transisi agar ada variasi perpindahan yang menarik. 

Caranya mudah, silahkan klik menu “Transisi” kemudian pilih jenis transisi yang kita inginkan, lalu drag ke perpotongan video yang ada di timeline.

6. Mengekspor Video

Silakan periksa hasil editing yang sudah kita lakukan. Putar ulang untuk menilai hasilnya sebelum mengekspor ke file video atau merender menjadi file video jadi. Jika sudah yakin, silahkan mulai mengekspor.

Caranya klik menu “Eksport” kemudian atur lokasi penyimpanan file hasil eksport, rename file, selanjutnya klik “Eksport.” silahkan tunggu beberapa saat hingga proses bar menunjukkan 100%.

Jika selesai, maka file video tutorial yang baru saja kita buat akan tersimpan di folder penyimpanan di laptop. Silakan cek dan nilai hasilnya.

Mudah sekali bukan? Dengan video tutorial sederhana seperti inilah kita bisa share ilmu dan pengalaman ke warga net. Entah melalui media sosial maupun platform tertentu. Coba bayangkan jika mereka bisa mengambil manfaat dari sharing tutorial yang kita lakukan, bukankah akan sangat membantu mereka?

Nah, silahkan dicoba dan yakinlah bahwa di luar sana banyak orang yang membutuhkan referensi untuk melakukan sesuatu. Kadang hal-hal yang kita anggap sepele, bisa berguna buat mereka. Karena kemampuan seseorang kan beda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *