Cara Menghilangkan Activate Windows

Cara Menghilangkan Activate Windows

Windows 10 saat ini dapat digunakan secara normal tanpa menggunakan lisensi. Hanya saja ada kekurangannya yaitu tidak dapat menggunakan layanan Personalization.

Tidak hanya itu saja, nantinya Windows 10 kalian akan menampilkan watermark yang akan mengganggu kalian. Kenapa? Karena watermark tersebut akan selalu tampil di layar kalian selama kalian masih belum menghilangkannya.

Pada umumnya watermark itu bertuliskan “Activate Windows – go to Setting to Activate”. Tulisannya yang panjang ini akan selalu muncul di sudut kanan bawah layar kalian.

Nah agar tulisan tersebut hilang, berikut cara menghilangkan tulisan activate Windows yang kami kutip dari Wantek.ID:

1. Aktivasi Windows

Salah satu cara paling aman dalam menghilangkan tulisan activate Windows ini adalah dengan mengaktivasi Windows 10. Aktivasinya tidak serta merta menggunakan aplikasi illegal semacam KMS, melainkan menggunakan lisensi original.

Lisensi tersebut didapatkan dengan cara membeli di situs resmi Microsoft. Cukup siapkan uang 2 sampai 4 jutaan saja untuk membeli lisensi resmi dan legal.

Harga kode aktivasinya dibagi menjadi 2 versi Windows. Pada harga 2 jutaan itu lisensi untuk Windows 10 Home sedangkan harga 4 jutaan untuk Windows 10 Pro. Pembelian lisensi ini tergantung kebutuhan kalian. Apabila menggunakan Windows 10 Pro maka beli lisensinya yang harganya 4 jutaan.

Setelah membeli lisensi Windows-nya, sekarang saatnya kalian masukkan kode lisensi tersebut ke dalam Windows kalian, berikut ini caranya:

  1. Buka Start Menu
  2. Klik pada menu Setting
  3. Kemudian klik pada menu bertuliskan Update & Security
  4. Selanjutnya pilih menu Activation lalu klik “Change product Key”
  5. Setelah itu hidupkan internet kemudian masukkan serial number Windowsnya ke kolom yang disediakan lalu klik Next
  6. Terakhir klik pada opsi “Activate”
  7. Selesai

Selain mendapatkan lisensi Windows dari situs Microsoft, ada alternatif lainnya. Alternatif yang kami maksud adalah membeli lisensi Windows retail di toko online.

Setelah kalian membeli serial number retailnya, maka kalian dapat mengaktifkan Windows seperti pada langkah diatas agar tulisan activate Windows hilang permanen.

2. Edit Registry

Ada juga cara selain pada langkah pertama yaitu mengedit salah satu file registry. Pengeditan ini dilakukan hanya dengan mengubah value datanya saja.

Namun kalian perlu berhati-hati juga, pasalnya jika kalian salah memilih file registrynya bisa-bisa menimbulkan masalah lainnya saat kalian ubah value datanya.

Oleh karena itu kalian memerlukan cara mengeditnya agar tulisan watermark pada Windows dapat hilang selamanya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka jendela Run dengan cara menekan tombol Windows + R
  • Masukkan tulisan “regedit” lalu tekan Enter
  • Kemudian masuk pada direktori berikut Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\SoftwareProtectionPlatform\Activation
  • Pada bilah sebelah kanan, klik kanan pada registry yang bernama Manual kemudian pilih menu Modify
  • Selanjutnya ubah pada Value Data menjadi angka 1, ini bertujuan agar auto activation mati
  • Terakhir klik OK lalu restart PC kalian

3. File Notepad

Langkah terakhir kalian bisa membuat file .bat menggunakan program bernama Notepad. Di dalam file tersebut nantinya akan diisi dengan script khusus sehingga mampu membuat watermark Windowsnya hilang.

Beruntungnya script tersebut telah disiapkan, jadi kalian tinggal manyalinnya saja. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa ikuti langkah-langkah pada berikut ini:

  • Buka Notepad
  • Copy script dibawah ini

@echo off
taskkill /F /IM explorer.exe
explorer.exe
exit

  • Kemudian Paste ke dalam Notepad
  • Setelahnya tekan tombol Save
  • Ubah Save as Type menjadi All File lalu berikan nama file tersebut sesuai keinginan terus dibagian terakhir namanya dikasih ekstensi .bat
  • Kalau sudah tutup Notepad lalu masuk ke penyimpanan file bat tadi
  • Klik kanan selanjutnya pilih menu Run as Administrator
  • Jika pada jendela CMD telah muncul tulisan Success itu artinya langkah ini sudah berhasil
  • Terakhir tinggal restart komputer/laptop kalian

Dari ketiga langkah diatas, kalian dapat memilih salah satunya. Namun alangkah baiknya kalian tetap menggunakan lisensi resmi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *