Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Sejak Xiaomi merilis update terbaru MIUI 12 pada pertengahan 2020, keluhan pengguna mengenai begitu cepatnya daya baterai terkuras habis meningkat pesat.

Xiaomi sendiri mengatakan bahwa versi terbaru MIUI 12 memiliki masalah pada pengoptimalan, sehingga membutuhkan daya baterai yang lebih besar daripada versi sebelumnya. Masalah konsumsi baterai yang besar pada MIUI 12 adalah hal yang tidak dapat kamu atasi sendiri, namun terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai HP Xiaomi.

Simak tutorialnya berikut ini

9 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Paling Efektif

Non-Aktifkan Koneksi GPS, Wi-Fi dan Bluetooth

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghemat daya bateri HP Xiaomi kamu adalah menonaktifkan koneksi GPS, Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak sedang digunakan. Jika kamu kamu mengaktifkan fitur koneksi pada smartphone, maka perangkat HP kamu akan terus melakukan scanning mengenai lokasi dan koneksi jaringan yang tersedia.

Hal ini tentu saja akan menguras daya baterai kamu dengan cepat. Oleh karena itu, matikan fitur jaringan bila tidak sedang digunakan.

Selektif dalam Memilih Aplikasi

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah menghapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan.

Aplikasi pada smartphone meski tidak digunakan, akan selalu terhubung pada jaringan internet untuk melakukan sinkronisasi akun, notifikasi dan melakukan pengecekan update. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menginstal aplikasi yang kamu butuhkan saja.

Aktifkan Mode Auto Close Aplikasi

Xioami memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh semua smartphone, yakni fitur Auto Close App. Fitur ini akan menutup seluruh aplikasi dan membersihkan RAm setelah smartphone dalam keadaan sleep.

Untuk mengaktifkan fitur ini kamu hanya perlu masuk halaman pengaturan, kemudian pilih Baterai, klik profile dan tambahkan profile. Kamu harus klik “Bersihkan Memory” dan pilih pengaturan waktu yang kamu inginkan, akhiri proses dengan mengaktifkan profile tersebut.

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk menghemat baterai Xiaomi kamu adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar secara proporsional.

Semakin cerah layar smartphone kamu, maka konsumsi baterai juga akan semakin meningkat. Selain itu, hal ini akan membuat mata kamu cepat lelah. Oleh karena itu, aktifkan pengaturan tingkat kecerahan layar secara otomatis atau atur sesuai kebutuhan kamu.

Nyalakan Fitur Power Saving

Xiaomi memiliki fitur Power Saving yang umumnya terdapat pada perangkat laptop. Fitur ini akan menghemat konsumsi baterai dengan meminimalkan fitur-fitur yang tidak sedang digunakan dan memutus koneksi internet aplikasi yang sedang tidak digunakan, sehingga konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

Untuk mengaktifkan fitur power saving di HP Xiaomi kamu hanya perlu masuk pada halaman pengaturan, kemudian pilih menu Security dan pilih Power lalu Batery Saver. Aktifkan fitur Batery Saver dengan mengaktifkan toggle.

Non-Aktifkan Ambient Display

Jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi yang menggunakan layar AMOLED, maka kamu akan menemukan fitur Ambient Screen yang memungkinkan kamu menampilkan waktu dan informasi lainnya pada Lock Screen.

Meski tidak terlalu menguras konsumsi baterai secara masif, kamu tetap dapat menonaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai. Jika ingin mematikan fitur ini, maka masuk pada pengaturan Aplikasi, pilih Always Active Screen dan hilangkan centang pada fungsi Ambient Screen.

Aktifkan Mode Gelap

Dark mode atau mode gelap pada smartphone Xiaomi telah mendapatkan update terbaru dari pengembang Xioami. Mengaktifkan fitur ini akan menghemat konsumsi baterai hingga beberapa jam setiap harinya, selain itu mengaktifkan mode ini akan menghindarkan risiko mata lelah.

Non-Aktifkan Fitur Google Location Service

Google Location Service merupakan fitur penanda lokasi yang berguna untuk memberikan informasi keberadaan lokasi smartphone kamu, jika HP Xiaomi kamu hilang atau dicuri orang tidak bertanggung jawab.

Namun, fitur ini membutuhkan koneksi internet setiap waktu dan mengaktifkan fitur GPS pada smartphone kamu sehingga konsumsi daya baterai hp kamu meningkat. Ada baiknya aktifkan fitur ini bila kamu akan bepergian dan bila sedang di rumah segera non-aktifkan fitur ini.

Aktifkan Mode Silent

Meski terdengar sepele, namun mengaktifkan mode silent untuk notifikasi aplikasi sosial media dan pesan singkat akan menghemat konsumsi bahan bakar.

Bayangkan bila seringnya notifikasi yang masuk melalui aplikasi sosial media dan aplikasi pesan seperti WhatsApp dan Line yang secara default menggunakan mode suara dan getar. Selain akan mengganggu, hal ini juga akan meningkatkan konsumsi baterai secara signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *