Cara Mengatasi WhatsApp Telah Berhenti

Cara Mengatasi WhatsApp Telah Berhenti

Dibalik kelebihan aplikasi WhatsApp, sebagian orang menemukan salah satu masalah yang sangat mengganggu yaitu pesan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”. Ketika mendapati pesan tersebut, secara otomatis aplikasi WhatsApp akan tertutup dengan sendirinya.

Untuk penyebab utamanya, biasanya tidak jauh dari memori penyimpanan, khususnya memori internal. Jadi, ketika Anda mengalami masalah WhatsApp berhenti secara tiba-tiba, ada baiknya untuk melakukan pengecekan apakah memori internal penuh atau tidak.

Lebih dari itu, ada beberapa cara yang juga bisa Anda praktikkan untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut sudah kami rangkumkan beberapa cara recommended untuk mengatasi WhatsApp telah berhenti.

1. Paksa Berhenti WhatsApp

Cara pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi WhatsApp telah berhenti adalah paksa berhenti aplikasi. Bukan tanpa alasan, selain karena caranya memang sangat mudah dan simpel dipraktikkan, cara ini juga terbilang ampuh.

Tidak sebatas pada aplikasi WhatsApp saja, aplikasi ini juga sering digunakan untuk mengatasi pesan “Telah Berhenti” pada hampir semua aplikasi Android.

Berikut cara paksa berhenti aplikasi WhatsApp:

  1. Silahkan buka aplikasi Pengaturan di HP Anda.
  2. Setelah itu, buka Pengaturan Aplikasi.
  3. Nah, setelah masuk ke list aplikasi HP, cari aplikasi WhatsApp, biasanya terletak pada bagian paling bawah.
  4. Kalau sudah, klik tombol Paksa Berhenti. Kalau ada pop up “Paksa Berhenti?”, silahkan tekan tombol Oke.
  5. Selesai.

Nah, sekarang coba buka kembali apakah WhatsApp Anda sudah normal atau masih muncul pesan Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti.

2. Hapus Cache WhatsApp

Kalau dengan “memaksa berhenti” WhatsApp masih sering forced close, sekarang Anda coba hapus cache aplikasi tersebut. Menghapus cache tidak akan menghapus data berupa chat ataupun media apapun dari WhatsApp Anda. Malahan, cara ini akan sedikit melegakan memori internal HP Anda.

Berikut caranya:

  1. Masih sama dengan cara pertama, silahkan masuk ke Pengaturan HP Anda.
  2. Buka pengaturan Aplikasi lalu cari aplikasi WhatsApp.
  3. Setelah masuk ke pengaturan aplikasi WhatsApp, pergi ke Penyimpanan lalu tekan tombol Hapus cache.
  4. Tunggu proses penghapusan cache.
  5. Selesai.

Sekadar info, mungkin ada sedikit perbedaan tampilan antara HP satu dengan HP lainnya. Ada HP yang harus masuk ke penyimpanan terlebih dahulu sebelum menemukan hapus cache, namun ada juga yang langsung menemukan tombol hapus cache di pengaturan WhatsApp.

3. Hapus Data WhatsApp

Tidak jauh berbeda dengan menghapus cache WhatsApp, menghapus data WhatsApp juga akan melegakan memori internal Anda. Namun, semua data seperti chat dan media lainnya akan terhapus. Jadi, jika Anda ingin menyimpan data tersebut, silahkan lakukan backup terlebih dahulu.

Kalau semua data sudah dibackup, ikuti langkah menghapus data WhatsApp berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Pengaturan HP Anda.
  2. Setelah masuk, pergi ke pengaturan Aplikasi, sama dengan cara-cara sebelumnya.
  3. Silahkan temukan aplikasi WhatsApp lalu klik aplikasi tersebut.
  4. Jika Anda melihat tombol Hapus data, silahkan klik tombol tersebut. Namun jika tidak ada, silahkan masuk ke pengaturan penyimpanan, pada pengaturan tersebut Anda akan menemukan tombol Hapus data.
  5. Selesai.

Setelah menghapus data WhatsApp, biasanya aplikasi akan berjalan normal kembali. Silahkan lakukan registrasi menggunakan nomor yang sebelumnya Anda gunakan. Jika ada notifikasi restore data WhatsApp, silahkan tekan Restore untuk mengembalikan data yang Anda backup sebelumnya.

4. Update Aplikasi WhatsApp

Terkadang, permasalahan bukan hanya terletak pada HP saja, bisa juga memang karena aplikasinya yang bermasalah. Untuk itu, pengembang WhatsApp sering memberikan support berupa update melalui Google Play Store.

Berikut adalah rekomendasi cara update WhatsApp dari charis.id (melalui Play Store):

  1. Pertama, pastikan Anda sudah login menggunakan akun Google.
  2. Jika sudah, langsung buka aplikasi Play Store.
  3. Selanjutnya, tekan strip tiga (pojok kiri atas) lalu pilih Aplikasi Saya.
  4. Perhatikan di samping aplikasi WhatsApp, kalau ada tombol Update, silahkan tekan tombol tersebut untuk memulai update.
  5. Tunggu proses update selesai.

Selain melalui Google Play Store, sebenarnya Anda juga bisa mengupdate WhatsApp dari website resminya. Namun, kami lebih merekomendasikan Anda mengupdate WhatsApp melalui Play Store saja karena jauh lebih mudah.

5. Install Ulang WhatsApp

Jika dengan “mengupdate aplikasi” WhatsApp masih terus berhenti, mungkin Anda harus melakukan install ulang WhatsApp. Jadi, Anda hapus aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, setelah itu baru install aplikasi melalui Play Store ataupun website resmi WhatsApp.

6. Bersihkan Memori Internal

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwasannya penyebab utama dari WhatsApp telah berhenti adalah memori internal yang sudah penuh. Untuk itu, ada baiknya Anda mulai menghapus file yang tidak digunakan. Kalau semua file dirasa penting, paling tidak pindahkan file tersebut di SD Card.

Dengan memindahkan file dari memori internal ke SD Card, sudah pasti akan berpengaruh dalam melegakan memori internal. Cara ini merupakan cara pamungkas yang cukup efektif untuk mengatasi permasalahan WhatsApp yang satu ini.

Itulah beberapa cara recommended untuk mengatasi pesan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di HP Android. Dengan mengikuti cara di atas, semoga aplikasi WhatsApp milik Anda bisa berjalan dengan normal kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *