Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan

cara membuka usaha laundry rumahan

Cara membuka usaha laundry rumahan bisa dilakukan siapa saja. Karena kiatnya mudah biaya yang dibutuhkan juga minim.

Oleh sebab itu, silakan bangun sekarang dengan menerapkan cara-cara berikut:

Tahapan Membuka Usaha Laundry Rumahan

1. Persiapkan Ruang Khusus Di Rumah

Cara membuka usaha laundry rumahan yang pertama ialah mempersiapkan ruang khusus untuk usaha. Pastikan tempat tersebut terbuka supaya pelayanan jasa lebih mudah. Jika tidak ada ruang yang tepat silakan dibangun dulu.

Ukuran kecil juga tidak mengapa asal muat untuk dua-tiga unit mesin cuci dan rak tempat pakaian.

2. Mulai Membeli Mesin Cuci

Karena usaha berupa jasa pencucian instan maka yang dibutuhkan adalah mesin cuci. Silakan dibeli yang berkualitas tinggi serta awet. Karena mesin digunakan terus menerus.

Modal pengadaan mesin tidak mahal. Karena harga mesin cuci standar ada yang Rp5.000.000. Berarti untuk tiga unit modal yang dibutuhkan Rp15.000.000 rupiah. PIlihan mesin cuci ini bisa dicek rekomendasi di rekomended.com. Ada sekitar 11 mesin cuci yang bisa dipilih.

Berbeda dengan mesin cuci tipe koin. Harga paling standar mencapai Rp30.000.000. Bisa dibayangkan berapa modalnya jika membeli 3 unit mesin cuci.

3. Mencari Tenaga Kerja

Yang tidak boleh dilupakan terkait bisnis laundry ialah menyediakan tenaga kerja. Karena merekalah yang mencuci, menyeterika, mengantar hasil cucian, melakukan penjemputan dan semacamnya.

Bisnis laundry sekalipun rumahan tidak bisa dijalankan sendirian. Lain soal jika sistem koin karena yang mencuci adalah pelanggan sendiri.

Oleh sebab itu, tenaga kerja tetap penting. Jika tidak dipersiapkan, bisnis tidak berjalan keuntungan juga sukar didapatkan.

4. Memasang Banner Promosi

Cara membuka usaha laundry rumahan yang ke empat ialah memasang banner promosi depan rumah. Jika berada di depan jalan protokol silakan memasang di sepanjang wilayah tersebut.

Untuk bisnis ini tidak perlu melakukan promosi media sosial. Karena jasa kecil-kecilan target pelanggannya sekitar rumah saja.

Ini untuk menghemat biaya apalagi harga paket internet mahal belum lagi biaya wifi perbulan.

5. Menyediakan Buku Keuangan

Salah satu syarat usaha sukses ialah semua keuangan dicatat lengkap. Tujuannya agar diketahui kerugian dan keuntungan.

Jika dibiarkan usaha tidak berjalan karena tidak jelas mana modal, profit, beban usaha dan selainnya.

Untuk bisnis laundry rumahan model catatan tidak serumit usaha laundry besar. Buku tipis pun bisa digunakan.

6. Melakukan Promosi Verbal

Maksud melakukan promosi verbal ialah mengabarkan secara lisan jika ada usaha laundry. Silakan ajak kerabat, tetangga, rekan untuk menggunakan jasa.

Biasanya mereka langsung menggunakan jasa. Minimal mencoba apakah laundry memang unggul. Maka dari itu, silakan promosikan usaha dengan jujur. Karena kejujuran yang bakal membawa kesuksesan.

7. Buka Jasa Antar Jemput Cucian

Karena bisnis laundry rumahan tentu pelanggan tidak jauh dari rumah. Maka dari itu, manfaatkan dengan membuka jasa antar jemput cucian. Ini bisa menjadi promosi terbaik. Karena pelanggan lebih puas.

Mereka tidak perlu keluar rumah untuk mencuci busana. Sebab pihak penyedia akan menjemput dan mengantarnya jika selesai.

Untuk cara ke tujuh, persiapkan kendaraan khusus. Tidak usah yang mahal karena akan dijadikan tumpangan bahan berat. Kendaraan murah dan second cukup untuk mempermudah antar jemput cucian.

8. Beri Diskon Khusus

Cara membuka usaha laundry rumahan selanjutnya memberi diskon khusus. Misal, 3 kilo cucian dapat 1 kilo cuci gratis dan selainnya.

Langkah tersebut untuk memuaskan masyarakat. Sehingga mereka menjadikan laundry sebagai langganan bukan usaha laundry orang lain. Maka dari itu, cara ke delapan patut dipertimbangkan.

9. Buka Layanan Non Stop

Karena berbentuk usaha laundry rumahan membuka jasa non stop bukan hal sulit. Karena tenaga kerjanya tinggal di sana. Oleh sebab itu, langkah ini bisa dijadikan trik menjaring pelanggan. Utamanya untuk membantu masyarakat yang lupa atau dalam kondisi darurat.

Agar layanan memuaskan silakan membeli alat pengering khusus jika kebetulan ada pelanggan malam hari dan butuh pakaian dengan cepat. Memang harganya mahal tetapi sebanding dengan profit yang dihasilkan.

10. Meminta Nomor Hubung Semua Pelanggan

Jangan lupa meminta nomor hubung pelanggan. Selain mempererat hubungan kerja, juga untuk mempermudah penyebaran informasi terkait jam buka tutup.

Sebab, sebagian besar keluhan pelanggan adalah ingin segera memakai baju pas cek laundry sudah tutup tanpa pemberitahuan.

Maka dari itu, lakukan langkah ke sepuluh ini agar tidak terjadi miss komunikasi antara pelanggan dengan pemilik usaha laundry.

11. Membangun Cabang-Cabang Usaha

Cara yang terakhir adalah membangun cabang-cabang usaha. Lakukan jika profit usaha yang lama sangat besar dengan jumlah pelanggan yang membludak. Jika cara ini dilakukan kepuasan pelanggan tetap terjamin.

Terapkan cara di atas untuk cabang yang baru. Di awalnya memang kesulitan untuk mencari pelanggan. Tetapi dengan kesabaran yang tinggi pasti pelanggan juga akan datang dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *