Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

Ketikan akan menginstal Windows 10, hal pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuat media instalasi Windows 10 dengan flashdiks. Dan umumnya, orang akan lebih memilih menggunakan sebuah software yang bernama Rufus karena praktis untuk digunakan.

Nah, bagi Anda yang akan menginstal Windows 10 menggunakan flashdisk, berikut akan kami bagikan tutorial dalam membuat bootable Windows 10 menggunakan Rufus.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

1. Download Rufus

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah software Rufus, Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui website resminya di https://rufus.ie.

2. Download File ISO Windows 10

Langkah berikutnya, Anda harus mempersiakan file ISO Windows 10. File ISO Windows 10 ini bisa Anda unduh melalui Media Creation Tool.

Untuk mengunduh Media Creation Tool, silahkan kunjungi website resmi Microsoft di https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10

Setelah Media Creation Tool ter-download, silahkan buka software tersebut dan ikuti panduan yang ada di dalamnya.

3. Siapkan Flashdisk 8GB

Langkah berikutnya, pastikan Anda sudah mempersiapkan sebuah flashdisk berukuran minimal 8GB.

4. Kenali Sistem Komputer Anda

Tahap ini adalah tahap yang cukup penting, Anda perlu memastikan apakah komputer Anda menggunakan BIOS atau UEFI. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan Anda membuat bootable Flashdisk Windows 10 yang sesuai dengan sistem komputer Anda.

Untuk mengetahui apakah komputer Anda menggunakan BIOS atau UEFI, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Windows Run dengan cara menekan tombol Windows Keys + R atau cari program Run melalui kolom pencarian
  2. Setelah Windows Run terbuka, ketikkan msinfo32 pada kolom yang tersedia
  3. Lihat informasi pada bagian BIOS Mode

5. Proses Pembuatan Bootable Flashdisk Windows 10

Setelah keempat poin sebelumnya sudah Anda persiapkan dengan baik, sekarang kita masuk ke poin utamanya, yakni proses pembuatan bootable flashdisk Windows 10 dengan Rufus.

Tahap pertama, silahkan buka Rufus yang telah di download sebelumnya.

Setelah Rufus terbuka, ada beberapa poin yang harus Anda atur:

  • Pada bagian Device, pilih flashdisk yang sudah Anda colokkan ke komputer.
  • Pada bagian Boot selection, klik pada bagian Select dan masukkan file ISO Windows 10 yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  • Pada bagian Partition scheme Anda perlu memastikan pilihan sesuai dengan BIOS atau UEFI. Silahkan pilih GPT jika komputer Anda menggunakan UEFI dan pilih MBR ketika komputer Anda menggunakan BIOS.
  • Pada bagian Target system, Anda juga perlu memilih pilihan sesuai dengan BIOS atau UEFI. Silahkan pilih UEFI (non CSM) untuk komputer yang menggunakan UEFI dan pilih BIOS (or UEFI-CSM) untuk komputer yang menggunakan BIOS

Selanjutnya, jika Rufus sudah diatur sesuai dengan kebutuhan, silahkan klik Start dan proses pembuatan bootable Flashdisk Windows 10 menggunakan Rufus akan mulai berlangsung. Proses ini umumnya akan memakan waktu sekitar 5-10 menit, bergantung pada performa komputer dan flashdisk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *