Cara Kerja Mesin Diesel

cara kerja mesin diesel 4 tak

Pada umumnya, cara kerja mesin diesel memang beda dengan mesin biasa, begitu juga dengan cara perawatannya.

Jika menyinggung dunia otomotif, pembahasannya pasti sangat luas. Salah satunya seperti mesin yang digunakan pada mobil, nah mesin tersebut terbagi menjadi dua bagian, di antarnya mesin diesel dan bensin.

Mengenai bahan bakar yang biasa digunakan oleh mesin bensin adalah pertamax, pertalite dan premium. Namun berbeda dengan mesin diesel, biasanya jenis mesin seperti ini hanya menggunakan bahan bakar solar.

Ada beberapa kendaraan yang menggunakan mesin diesel, di antarnya mobil-mobil besar seperti truk dan bus.

Mesin diesel ini apakah hanya digunakan oleh bus dan truk saja? Tentu saja tidak, sebab kendaraan biasa pun masih ada yang menggunakan mesin ini.

Misal Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, Mitsubishi Kuda, Toyota Innova dan masih banyak lagi yang menggunakan mesin diesel.

Diesel memang terkenal sebagai mesin yang tangguh untuk melewati berbagai medan, pertanyaannya kenapa si bisa setangguh itu? Penasaran kan?

Untuk menjawab rasa penasaran itu, silahkan simak ulasan yang sudah dirangkum dari mamangbengkel tentang cara kerja mesin diesel.

Cara Kerja Mesin Diesel

Sama seperti mesin bensin 4 tak, sebelum menghasilkan tenaga, cara kerja mesin diesel pun harus melalui 4 tahapan.

Di mana masing-masing dari tahapan tersebut sangat berpengaruh terhadap performa yang dihasilkan oleh mesin.

Untuk kejelasannya, silahkan simak terus artikel ini sampai tuntas.

1. Intake/Langkah Hisap

Bisa kamu lihat sendiri skema gambar di atas, bagian ini akan bekerja dengan udara yang masuk ke ruang bakar melewati katup.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan piston bergerak dari titik mati atas menuju titik mati bawah.

Ketika langkah ini mulai bergerak, maka kondisi dari katup buang akan tertutup.

Agar mesin diesel tetap aman dan nyaman ketika digunakan, kamu harus memahami dulu kode oil yang tepat untuk perawatannya.

2. Compression/Langkah Kompresi

Setelah melewati proses penghisapan, maka diteruskan ke bagian kompresi.

Seperti dengan namanya, adanya kompresi pada mesin diesel itu dikarenakan proses penahan udara yang dilakukan oleh piston ketika bergerak ke titik mati atas.

Ketika katup buang dan isap tertutup rapat, maka hal ini dapat membuat tekanan dan suhu naik lebih tinggi.

Begitulah proses pembetukan kompresi pada mesin diesel 4 tak.

3. Power/Langkah Kerja

Ada yang tau kapan terjadinya proses pembakaran di dalam mesin diesel? Jawabannya adalah di bagian ini, langkah kerja mesin dapat membuat terjadinya pembakaran di dalam ruang bakar.

Hal ini terjadi dikarenakan piston terus bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) sehingga dapat menggerakkan mesin mobil.

4. Exhaust/Langkah Buang

Yang terakhir dari cara kerja mesin diesel adalah langkah buang. Jika pembakaran sudah terjadi di dalam ruang bakar, maka gas-gas yang tersisa akan dibuang melalui pipa knalpot.

Sama seperti proses di atas, yang mana posisi piston akan tetap bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) dan katup In akan tertutup rapat.

Sekian informasi mengenai cara kerja mesin diesel 4 tak pada kendaraan mobil, semoga apa yang sudah saya jelaskan di sini dapat bermanfaat dan mudah untuk dimengerti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *