Cara Clear Cache Google Chrome di Android

Kalau kita berbicara mengenai browser apa yang paling banyak digunakan oleh para pengguna android maupun PC, tentu saja adalah Google Chrome. Dengan berbagai kemudahan dan kelebihannya, Google Chrome menjadi salah satu browser terbaik. Penggunanya Google Chrome mencapai 69,81% dari total pengguna browser pada bulan Mei 2020 lalu menurut perusahaan Netmarketshare. Apalagi pada Android yang sudah secara otomatis terinstal Google Chrome pada perangkatnya.

Dibalik kemudahan dan keunggulannya, pastilah ada beberapa hal yang dapat menjadi nilai minus dari sebuah browser Google Chrome ini. Salah satu yang paling mengganggu adalah penggunaan memori dan storage yang cukup banyak. Khusus penggunaan storage, Google Chrome mengambil banyak data atau informasi penggunanya yang kita kenal dengan cache. Apabila cache ini sudah semakin banyak maka lambat laun akan memakan ruang penyimpanan Android kalian.

Kita pasti bertanya-tanya, apa sih file cache? Sering kita dengar namun banyak yang tidak tahu secara pasti. Jadi, cache merupakan hasil dari proses dimana browser menyimpan data atau informasi pengguna secara sementara sehingga pada sesi berikutnya loading web tersebut akan semakin cepat. 

Contoh sederhana penggunaan cache adalah pada saat kita membuka Instagram dalam keadaan Android kita tidak tersambung internet, kita masih dapat melihat foto yang pada sesi sebelumnya sudah terbuka, hal ini karena Android kita sudah menyimpan cache dari gambar tersebut.  Bagaimana cara menghapus cache pada Google Chrome Android kalian? Pada artikel ini kami akan memberikan solusinya.

Cara Menghapus Cache di Google Chrome Android

  1. Pertama kita buka aplikasi Google Chrome di Android.
  2. Setelah terbuka, langsung saja kita menuju menu Settings pada menu di pojok kanan atas di Google Chrome.
  1. Kemudian pada bagian Basics kita tekan atau pilih menu Privacy and security.
  1. Kita akan melihat beberapa menu, pilih pada menu Clear browsing data. Bisa kita lihat pada keterangannya yaitu Clear history, cookies, site data, cache…
  1. Pada menu Clear browsing data, kalian bisa pilih terlebih dahulu jangka waktu data yang ingin kalian hapus. Kalian bisa memilih mulai dari 1 jam, 24 jam, 7 hari, 4 minggu , dan sepanjang waktu. Apabila bingung, kalian bisa langsung saja pilih opsi sepanjang waktu atau All time.
  1. Setelah mengatur jangka waktu data-nya, kita pilih data apa yang akan kita hapus. Karena disini kita ingin menghapus cache, maka centang pada opsi Cached images and files.
  1. Kalian juga dapat memilih opsi lain seperti Browsing History dan Cookies and site data apabila dirasa Google Chrome kalian sangat berat atau lambat. Setelah memilih opsi apa saja yang ingin kalian hapus, tekan Clear data untuk menghapus.

Proses penghapusan akan segera dimulai, lamanya durasi penghapusan tergantung seberapa banyak cache yang akan kalian hapus.

  1. Selesai! Kalian akan langsung kembali ke menu sebelumnya apabila proses penghapusan sudah selesai.

Apabila kalian adalah seseorang yang seringkali membuka atau menggunakan Google Chrome untuk berbagai keperluan, cara diatas bisa menjadi suatu hal yang sangat berguna.

Terlebih karena mayoritas pengguna Google Chrome banyak yang mengeluhkan penggunaan memory dan storage yang cukup banyak. Sekian artikel mengenai Cara Menghapus Cache Google Chrome di Android dengan Mudah dan Cepat. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *