2 Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan di Android

Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan di Android

Kalian sudah tahu bahwa Android merupakan sistem operasi canggih yang ada saat ini. Dengan demikian, di dalamnya tersemat ratusan fitur menarik untuk penggunanya.

Mengingat akan hal itu, Android saat ini juga telag menyematkan fitur canggih seperti pengunci aplikasi. Fitur ini berguna untuk mengunci aplikasi agar tetap berjalan di background.

Selain itu tujuannya juga bisa dimanfaatkan untuk tidak kehilangan sesi terakhir apabila kalian sedang membaca cerita di Wattpad atau aplikasi lainnya.

Nah untuk itulah kami menyiapkan pembahasan ini. Berikut cara agar aplikasi tetap berjalan di Android:

Cara Agar Aplikasi Android Tetap Berjalan

Ada dua langkah yang bisa kalian lakukan, selengkapnya ada di bawah ini:

1. Kunci Aplikasi di Recent Apps

Recent Apps juga fitur canggih yang tersemat ke dalam OS Android. Fitur ini berguna sebagai alat untuk menampilkan tampilan aplikasi-aplikasi yang beru saja dibuka.

Misalnya saja saya sedang membuka aplikasi Telegram kemudian buka WhatsApp. Kemudian ingin kembali membuka aplikasi Telegram, maka kalian tinggal tekan tombol Recent Apps untuk masuk lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, melainkan fungsi lainnya juga agar aplikasi yang kalian buka itu tidak lemot. Misalnya saja Telegram lemot gara – gara kalian tidak menguncinya. Alhasil kalian harus menunggu beberapa detik baru bisa membukanya.

Di atas merupakan penjelasan singkat tentang fitur Recent Apps. Nah, untuk mengunci sebuah aplikasi dengan fitur ini, kalian juga bisa melakukannya dengan mudah. Untuk itu di bawah ini selengkapnya:

  1. Tekan tombol Recent Apps (Umumnya tombol ini berada di sebelah kiri)
  2. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin dibiarkan tetap berjalan
  3. Sebagai contoh, disini saya memilih aplikasi Telegram untuk dikunci
  4. Setelah itu usap ke bawah tampilan aplikasi Telegram yang ada di Recent Apps tersebut hingga menampilkan dua menu di bagian atas
  5. Terakhir, ketuk tombol “Kunci” dan otomatis aplikasi tersebut bakalan tertentu dan akan terus tetap berjalan di latarbelakang

Tested on: Oppo A7, Android Oreo.

2. Matikan Mode Hemat Daya

Terkadang mode hemat daya tidak berpihak kepada kalian. Artinya mode ini akan menutup paksa semua aplikasi yang berjalan di background.

Jadi, pas kalian ingin membuka aplikasi sebelumnya lagi maka akan memuat ulang dengan durasi lumayan lama. Dikarenakan hal itu, apa sebaiknya kalian matikan saja mode hemat daya ini?

Namun dengan mematikannya, baterai HP kalian terasa lebih boros. Alasannya karena mode ini memang berfungsi untuk mengurangi penggunaan daya baterai seminimal mungkin.

Akan tetapi, jika kalian tidak ingin aplikasi dihentikan berjalan di latarbelakang, mendingan matikan mode hemat daya ini. Untuk langkah-langkahnya saya berikan di bawah ini:

Langkah #1: Hidupkan HP kalian

Langkah #2: Usap ke bawah, hingga tampil statusbar HP kalian

Langkah #3: Muncul beberapa menu, antara lain; Data Seluler, WiFi, Mode Pesawat dan sebagainya. Disini kalian pilih menu yang bernama “Hemat Daya”. Setelah memilih menu tersebut, otomatis mode Hemat Daya HP kalian sudah dinonaktifkan

Beberapa Alasan Aplikasi Android Menutup Otomatis

Mungkin salah satu dari kalian ada yang belum mengerti kenapa aplikasi di Androidnya menutup secara otomatis? Nah, berikut ini alasan-alasan tersebut:

  1. Sistem Android telah mengenai program yang berjalan di background sehingga aplikasi tersebut ditutup paksa
  2. Kapasitas RAM sudah hampir penuh, jadi aplikasi yang terindikasi berjalan sendiri akan segera ditutup otomatis
  3. Kalian mengaktifkan mode hemat daya. Namun dibeberapa merek HP ada yang bisa diatur mana aja aplikasi yang diperbolehkan berjalan di latarbelakang meski HPnya mengaktifkan mode hemat daya

Seperti itulah pembahasan kali ini, mengingat cara agar aplikasi tetap berjalan di Android ini sangat mudah, pasti kalian sudah bisa melakukannya sendiri. Terakhir dari saya, apabila pembahasan ini dirasa bermanfaat, kalian dapat membagikannya kepada teman atau orang lain di media sosial ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *