Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Bagi pengguna Android, aplikasi yang tidak bisa dibuka menjadi salah satu masalah yang cukup menjengkelkan. Bagaimana tidak? Fungsi aplikasi yang seharusnya membantu aktivitas kita, eh malah berubah menjadi sesuatu yang membuat susah.

Untuk Anda yang sudah paham akan hal ini, mungkin tidak terlalu mengganggu ya. Namun, bagi pengguna lain yang sama sekali belum tahu-menahu tentang aplikasi yang tidak bisa dibuka, kemungkinan besar akan membuatnya bingung dan panik.

Eits tenang dulu, pada kesempatan kali ini kami sudah menyiapkan solusi untuk permasalahan tersebut kok. Jadi, bagi Anda yang sedang mengalami masalah aplikasi tidak bisa dibuka di Android, monggo disimak artikel ini sampai selesai.

1. Restart HP

Meskipun terkesan sangat sepele, melakukan restart ternyata bisa menyelesaikan beberapa permasalahan di HP Android, loh. Salah satunya masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka. Silahkan langsung dicoba saja lalu cek apakah aplikasinya sudah normal atau belum.

2. Force Stop Aplikasi

Sama halnya ketika membahas cara mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Terhenti”, melakukan force stop atau memaksa berhenti aplikasi juga cukup efektif untuk mengatasi permasalahan ini. Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan ya, cukup gunakan aplikasi bawaan saja.

Berikut caranya:

  1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Selanjutnya, buka pengaturan Aplikasi.
  3. Setelah masuk ke daftar aplikasi Android, cari aplikasi yang tidak bisa dibuka.
  4. Jika sudah, klik tombol Paksa Berhenti lalu tekan tombol Oke.
  5. Selesai.

3. Hapus Cache Aplikasi

Setiap aplikasi yang terinstall di Android, sudah tentu memiliki cache yang tersimpan di memori internal. Terkadang, adanya cache yang berlebihan bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghapus cache aplikasi ketika mengalami permasalahan Android, khususnya terkait aplikasi.

Berikut caranya:

  1. Silahkan masuk ke Pengaturan HP Android Anda.
  2. Buka pengaturan Aplikasi lalu cari aplikasi yang tidak bisa dibuka.
  3. Setelah masuk ke pengaturan aplikasi, klik Penyimpanan lalu tekan tombol Hapus cache.
  4. Tunggu proses penghapusan cache.
  5. Selesai.

Oh ya, cara ini tidak akan menghapus data aplikasi Anda. Jadi tidak perlu khawatir data penting Anda akan hilang.

4. Hapus Data Aplikasi

Lain halnya dengan menghapus cache, menghapus data benar-benar akan menghapus semua data aplikasi. Semisal menghapus data aplikasi WhatsApp, maka semua chat, media, dan akun Anda akan terhapus. Untuk menggunakannya kembali, maka harus register ulang.

Berikut cara menghapus data aplikasi:

  1. Masuk ke aplikasi Pengaturan.
  2. Buka pengaturan Aplikasi lalu cari aplikasi yang tidak bisa dibuka.
  3. Jika melihat tombol Hapus data, silahkan klik tombol itu. Namun jika tidak ada, masuk ke pengaturan penyimpanan, pada pengaturan tersebut Anda akan menemukan tombol Hapus data.
  4. Selesai.

5. Update Aplikasi

Seperti yang kita tahu, mengupdate aplikasi memiliki tujuan memperbaiki bug dan melakukan penambahan fitur. Jadi, ketika aplikasi Android tidak bisa dibuka, melakukan update adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengatasinya.

Berikut adalah cara update aplikasi:

  1. Pertama, buka Google Play Store.
  2. Cari aplikasi yang ingin diupdate.
  3. Jika ada tombol Update, silahkan tekan tombol tersebut.
  4. Tunggu proses update berlangsung.
  5. Selesai.

Selain melakukan update melalui Play Store, Anda juga bisa mengupdate aplikasi melalui website resmi. Jadi, Anda tinggal mendownload file APK dari aplikasi tersebut lalu lakukan instalasi secara manual.

6. Coba Versi Lain

Terkadang, ada beberapa versi aplikasi yang tidak cocok dengan HP yang sedang digunakan. Entah karena aplikasinya yang jarang update atau versi Androidnya yang belum mencukupi. Agar tidak penasaran, maka Anda bisa mencoba versi aplikasi lainnya.

Untuk caranya, silahkan ketikkan kata kunci “nama aplikasi version history apk4fun” lalu pilih halaman yang muncul. Setelah masuk ke websitenya, silahkan pilih versi aplikasi yang sekiranya cocok. Kalau belum ada yang cocok, Anda bisa mencoba versi lain.

7. Upgrade OS

Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya. Jika aplikasi Android tidak bisa dibuka, ada kemungkinan karena versi Android belum mencukupi. Jadi, solusinya adalah dengan melakukan upgrade OS Android ke versi Android yang lebih tinggi.

Untuk menguprade OS Android, Anda bisa melakukannya melalui OTA atau flashing ROM. Silahkan pilih cara yang sekiranya mudah untuk Anda lakukan. Dengan mengupgrade versi OS, Android akan lebih kompatibel dengan berbagai aplikasi.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android. Semoga bermanfaat dan membantu Anda mengatasi permasalahan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *