Memahami Lebih Jauh Apa Itu Windows Defender beserta Fungsinya

Windows Defender

Kamu yang menggunakan operation system Windows di laptop atau PC kamu, pasti kamu tidak akan asing dengan kata-kata tentang Windows Defender. Windows Defender menjadi salah satu fitur besutan Microsoft yang menjadi pelengkap windows series sebagai anti virus.

Defender disisipkan mulai dari Windows 8. Dan semakin baik performanya ketika Windows Defender ini melengkapi series OS Windows di Windows 10.

Untuk mengimbangi apabila ada serangan dari luar seperti virus atau malware yang nantinya akan berbahaya bagi data atau sistem dari laptop atau PC kita.

Lalu, apa dan bagaimana cara kerja dari Windows Defender? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Windows Defender?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, windows defender merupakan aplikasi firewall bagian dari perangkat lunak dari Microsoft yang berasal fungsinya sebagai proteksi komputer dari serangan pengintai atau spyware.

Perangkat lunak ini merupakan bagian dari Windows mulai dari Windows 8 sampai terakhir yang release secara Official yaitu Windows 10.

Bagi pengguna komputer yang jenis Windows yang digunakan adalah home basic biasanya resiko serangannya lebih kecil dibanding yang menggunakan jenis enterprise.

Untuk seri enterprise, biasanya diaplikasikan perkantoran besar namun tentu saja resiko serangan jaringannya lebih besar dan kompleks. Segala serangan ini bisa diatasi dengan personal firewall bawaan Windows yaitu Windows Defender.

Untungnya aplikasi Windows Defender ini tidaklah berbayar alias gratis bahkan untuk updatenya diberikan secara cuma-cuma oleh Microsoft melalui situs resminya.

Meskipun gratis, namun Windows Defender ini bekerja sangat baik dalam menahan serta mendeteksi virus dan juga memberikan proteksi super ketat.

Dengan adanya Windows Defender ini, tidak lagi diperlukan anti virus tambahan dari pihak ketiga sebab defender bekerja sangat baik dan sangat sensitif terhadap serangan atau hal-hal yang dirasa berbahaya bagi sistem. Baik serangan dari luar atau dari dalam sistem itu sendiri.

Kelebihan Windows Defender

Lalu, apa saja kelebihan dari Windows Defender itu? Begini penjelasannya.

1. Windows Defender akan restart secara otomatis apabila ditemukan potensi adanya serangan virus berbahaya. Restart ini nantinya berfungsi secara otomatis supaya virus totally lebih bersih dengan sempurna.

sebab saat virus sudah dihapus bisa jadi sudah menginfeksi file yang ada di dalam drive komputer, maka fungsi restart ini adalah untuk menyempurnakan kerja dari scanning defender.

2. Real time protection yang ada di fitur Windows Defender saat adanya file yang diprediksi mencurigakan dan memiliki potensi berbahaya, maka defender pada sistem Windows ini akan segera mendeteksi dan menghapusnya.

3. Memiliki fitur yang mudah dipahami terutama bagi pengguna awal sebab tampilannya cukup praktis dan simpel sehingga mudah untuk digunakan.

Kekurangan Windows Defender

Di samping memiliki kelebihan, ada beberapa kekurangan dari Windows Defender ini meski tidak kompleks terlebih di Windows update terbaru, fitur ini selalu memperbaiki dan menyempurnakan sistem proteksinya. Apa saja kelemahan dari Windows Defender itu?

Kelemahannya yaitu apabila saat melakukan scanning, ada 2 pilihan yaitu quick scanning dan full scanning, yang quick akan men-scanning dengan cepat namun membuat kinerja komputer.

Untuk fitur yang full scanning, akan melakukan scan secara menyeluruh namun membutuhkan waktu yang hitungannya relatif lama.

Sebenarnya, saat windows defender bekerja, sama seperti anti virus pihak ketiga umumnya yaitu membuat kerja komputer menjadi lebih berat sehingga komputer menjadi lebih lambat.

Bagaimana, Sudah Memahami Apa Itu Kinerjanya Windows Defender?

Pada dasarnya, bagi kamu pengguna sistem operasi Windows, sudah tidak lagi memerlukan tambahan anti virus lain.

Sebab kinerjanya sudah sangat baik dan mengatasi semua kompleksitas serangan. Baik itu virus ataupun malware. 

Meskipun demikian, kamu juga harus tahu bagaimana cara mematikan Windows Defender apabila aplikasi ini dirasa sudah tidak diperlukan lagi.

Jangan sampai suatu saat kamu membutuhkan cara ini namun tidak mengetahui bagaimana langkah-langkahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *