6 Aplikasi Desain Grafis yang Cocok untuk Pemula Tahun 2021

Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual melalui gambar yang dijadikan sebagai media penyampaian informasi. Kini, desain grafis menjadi elemen penting untuk sebuah perusahaan.

Teruntuk kamu yang baru saja mengenal desain grafis, jadi desain grafis itu adalah ilmu yang asal-usulnya dari seni, kemudian pengoparesiannya dibantu oleh komputer.

Seni ini meliputi keterampilan visual yang di dalamnya seperti ilustrasi, pengolahan gambar, tata letak dan tipografi. Orang-orang yang bekerja di bidang ini disebut sebagai desain grafis.

Lantas, apa saja aplikasi desain grafis terpopuler yang sering digunakan oleh pemula hingga profesional? Jangan kemana-mana, simak ulasan berikut ini!

1. Adobe Photoshop.

Photoshop adalah aplikasi desain grafis yang popularitasnya sangat tinggi, hampir semua orang mengenali aplikasi ini.

Sebenarnya Adobe Photoshop merupakan aplikasi yang dibuat secara khusus untuk memanipulasi gambar agar foto tersebut terlihat menarik.

Tak hanya itu, ternyata Photoshop ini bisa digunakan sebagai aplikasi pembuat logo, banner, desain tipografi dan masih banyak kebutuhan desain lainnya.

Dikarenakan aplikasi ini sudah terkenal dari dulu, penggunanya pun banyak. Jika belum paham sama sekali bagaimana menggunakannya, silahkan datang ke gramedia untuk membeli buku tutorial Adobe Photoshop bagi pemula.

2. Adobe Illustrator

Teruntuk kamu yang ingin membuat desain vektor seperti sketsa, ilustrasi, dan tipografi, maka pilihan tepatnya adalah Adobe Illustrator.

Kenapa harus AI? Karena Adobe Illustrator dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan desain yang akan kamu garap.

Menariknya, ternyata aplikasi ini ada plugin yang fungsinya dapat membantu ketika membuat landing page agar terlihat menarik dan tidak membosankan.

Jika menggunakan Adobe Illustrator, akan ada keuntungan yang didapat oleh penggunanya, yaitu ada tools Touch-type and The Free Transform yang fungsinya untuk menyempurnakan desain agar terlihat lebih sempurna.

Sayangnya, harga dari aplikasi ini bisa dikatakan cukup mahal.

3. GIMP

Dari sebagian orang, banyak yang berpendapat bahwa GIMP merupakan aplikasi alternatif dari Photoshop.

Kenapa demikian? Selain gratis, aplikasi ini pun bersifat open source, yang artinya GIMP dapat dikembangkan oleh siapapun itu.

GIMP adalah aplikasi desain grafis terbaik yang di dalamnya telah dilengkapi oleh fitur-fitur unggulan dan mudah digunakan untuk pemula.

Adakah kelebihan yang menonjol dari aplikasi ini? Ada, yaitu dari tampilan yang terlihat cerah dan modern.

Para desainer tua banyak yang mengatakan bahwa GIMP merupakan aplikasi desain grafis yang cocok digunakan oleh desainer muda.

Bagaimana untuk kualitasnya grafisnya? Apakah hasilnya bersih dan jernih? Jawabannya iya, karena desain yang dibuat dengan aplikasi ini akan menghasilkan hasil yang maksimal dan tentunya berkualitas.

4. CorelDraw

CorelDraw adalah aplikasi desain grafis legend selain Adobe Photoshop. Saat ini, CorelDraw berhasil mencetak rekor sebagai aplikasi yang sering digunakan oleh orang-orang.

Hal terkeren yang ada pada aplikasi ini adalah, mempunyai fungsi yang keren, banyak fitur yang tidak ada pada aplikasi lainnya.

Bicara soal fitur, ada beberapa tools di dalamnya yang perlu diketahui, diantaranya seperti reppel dan attract yang berfungsi sebagai alat permudah proses editing objek vektor.

Menurut kami, aplikasi desain grafis ini wajib ada di perangkat PC atau laptop yang kamu gunakan.

Kenapa? Karena CorelDraw sendiri dapat bekerja dengan lancar walaupun data yang dimasukkan berukuran besar.

Adapun kelebihan dan kekurangannya yang harus kamu ketahui, diantaranya seperti:

Kelebihan:

  • Video tutorialnya.
  • Paket berbayar untuk lisensi.
  • Aplikasi desain yang fresh.
  • Tampilan antar muka yang bagus.

Kekurangan:

  • Tidak bisa dipasang oleh perangkat iOS seperti Mac.
  • Susah digunakan, khususnya bagi pemula yang belum paham tentang desain grafis.
  • Menu navigasi tak terlihat

5. Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi alternatif dari CorelDraw yang bisa digunakan untuk membuat vektor.

Selain itu, format yang digunakan oleh Inkscape adalah File SVG. Jika CorelDraw tidak bisa diakses oleh iOS, malahan Inkscape bisa diakses oleh beberapa sistem, diantaranya seperti Linux OS, Windows dan Mac.

Aplikasi desain grafis ini bisa digunakan oleh siapapun itu, baik desainer profesional atau kamu yang hanya ingin membuat sketsa, gambar vektor dan ilustrasi.

6. Adobe InDesign

Sesuai namanya, aplikasi desain grafis ini didukung oleh Adobe yang mana InDesign merupakan aplikasi terbaik dalam membuat layout untuk desktop dan mobile.

Biasanya aplikasi ini digunakan untuk desain layout brosur dan majalah online.

Tingkat fleksibilitas aplikasi ini cukup bagus, karena bisa merubah ukuran gambar dengan cepat dan juga memungkinkan untuk drag and drop.

Kerennya lagi, aplikasi ini mendukung layanan Typekit dan Behance, sehingga kamu dapat membagikan kayra digital seperti video, desain grafis atau logo, fotografi, pengembangan website dan aplikasi.

Sekian ulasan tentang 6 aplikasi desain grafis terbaik yang wajib ada di perangkat PC. Dari aplikasi desain grafis di atas, aplikasi mana yang akan kamu coba? Tulis di kolom komentar ya! Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *